Sering Bertemu Warga, Anggota DPRD Jatim Perlu Divaksin Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 07 Jan 2021 10:04 WIB

Sering Bertemu Warga, Anggota DPRD Jatim Perlu Divaksin Covid-19

 

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Program yang vaksinasi mencegah meluasnya pandemi Covid-19 sebentar lagi akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia termasuk Jawa Timur. Anggota DPRD Jawa Timur pun tak luput dari perhatian utama vaksinasi di awal tahun 2021 ini.

Baca Juga: Hasil Pemilu 2024 Dapil Jatim IX, Suli Daim PAN Lolos Lagi

 

Kuswanto, Ketua Komisi D DPRD Jatim mengusulkan jika vaksinasi sudah mendapatkan uji kilinik tahap 3 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) maka seluruh anggota DPRD Jawa Timur harus siap untuk disuntik. “Saya usul Anggota DPRD Jatim masuk tahap awal penyuntikan vaksin. Karena kita ini sering ketemu masyarakat dan cukup beresiko (tertular covid),” jelas Kuswanto, Kamis (7/1/2021).

 

Selama ini sejumlah tugas DPRD Jawa Timur cukup sering melakukan kegiatan di tengah-tengah masyarakat. Untuk menyerap aspirasi maupun melakukan fungsi pengawasan ke sejumlah daerah. “Karena tugasnya sering bertugas di daerah dan melakukan komunikasi terbuka dengan masyarakat. Sehingga DPRD beresiko terpapar atau membawa virus ke daerah yang dikunjunginya,” sebut Kuswanto.

 

Baca Juga: Lolos Indrapura, Cahyo Ketua Gerindra Surabaya Raih Suara Tertinggi Dapil 1

 

Menurut politisi Partai Demokrat ini, untuk itu vaksinasi penting diberikan kepada sejumlah profesi yang banyak bertemu dengan masyarakat umum. Seperti Tenaga kesehatan, pejabat pemerintah termasuk para Wakil Rakyat. Selain itu, dengan vaksinasi kepada anggota DPRD Jatim maka bisa menjawab keragu-raguan masyarakat terkait vaksin. “DPRD itu kan wakil rakyat wajib menjadi pelopor dan contoh dalam segala hal, termasuk vaksinasi ini,” tegasnya.

 

Selain itu pula, DPRD wajib pula menjadi bagian dalam menangkal berita hoax yang beredar. Karena ada beberapa informasi menyebut adanya dampak vaksin yang membuat masyarakat takut menerima vaksin. “Pimpinan DPRD baik itu di fraksi dan komisi serta seluruh anggota menurut saya perlu mendapat suntik vaksin terlebih dulu, agar masyarakat juga tak ragu-ragu untuk melakukan vaksin,” pungkas Kuswanto.

Baca Juga: Suara Gus Fawait Tertinggi Nasional, Gerindra Jember Dapat LSN Effect

 

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah menerima 77.760 dosis vaksin jenis sinovac dari Bio Farma. Rencananya vaksin ini segera digunakan setelah BPOM mengeluarkan pernyataan resmi tentang hasil uji klinik tahap 3 sebelum 13 Januari mendatang. rko

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU