Sering Disepelekan, Ini Pentingnya Pelembab Bagi Wajah Berminyak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 28 Mei 2023 10:39 WIB

Sering Disepelekan, Ini Pentingnya Pelembab Bagi Wajah Berminyak

i

Illustrasi penggunaan pelembab untuk wajah. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kesehatan kulit dan wajah memang membutuhkan perawatan yang konsisten dan teratur, khususnya bagi wanita. Salah satu yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit dan wajah adalah pelembab.

Pelembab tak hanya penting digunakan untuk kulit kering saja, namun juga penting bagi kulit berminyak. Hal ini tidak boleh dilewatkan agar kulit tampak lebih sehat. Pasalnya, minyak dan hidrasi (kelembaban) kulit bukan hal yang sama.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Lebih lanjut, pelembab juga dapat membantu keseimbangan kulit yang kehilangan cairan akibat faktor lingkungan, seperti cuaca yang dingin atau kering, dikutip Minggu (28/05/2023).

Perbedaan Hidrasi dan Kulit Berminyak

Banyak orang selalu mengira kalau minyak di kulit adalah hidrasi (pelembab alami) bagi kulit. Padahal, hal ini salah. Minyak di kulit adalah zat lilin yang disebut sebum. Minyak atau sebum berfungsi untuk mempertahankan fungsi pelindung kulit (skin barrier).

Sementara itu, hidrasi adalah proses di mana air diserap ke dalam lapisan kulit (dermis dan epidermis). Hidrasi ini sangat penting untuk menjaga kekenyalan, elastisitas, dan ketahanan kulit.

Penumpukan sebum dapat menyebabkan kulit berminyak dan akhirnya berjerawat. Kasus ini bukan berarti kulit telah terhidrasi dengan baik.

Akan tetapi, menghilangkan minyak secara berlebihan pada kulit wajah juga menyebabkan hilangnya kelembaban yang sangat bermanfaat untuk keremajaan kulit.

Dehidrasi yang berkepanjangan akan membuat kulit semakin berisiko terkena beberapa masalah kulit. Mulai dari peradangan, infeksi, keriput, hingga penuaan dini.

Menghilangkan noda pada kulit wajah dan mencerahkan kulit
Manfaat lain pelembab wajah adalah mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam. Kulit yang kering dan dehidrasi bisa membuat wajah terlihat kusam.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Disarankan menggunakan pelembab secara rutin, sehingga kelembaban kulit akan selalu terjaga. Pilihlah pelembab wajah yang bisa mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah. 

Mengatasi Jerawat
Fungsi pelembab selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Pelembab dapat digunakan sebelum mengaplikasikan obat jerawat,  karena kebanyakan obat jerawat bisa membuat kulit wajah menjadi kering

Jika Anda tidak memakai pelembab lebih dulu, maka kulit bisa mengalami iritasi dan membuat kondisi jerawat tambah parah. Alangkah baiknya pilih jenis pelembab yang juga berfungsi untuk mengatasi jerawat. 

Membuat Kulit Wajah Awet Muda

Bagi sebagian orang, kulit kering memang merupakan dampak sementara akibat cuaca buruk dan perubahan hormon. Namun, bila kulit dibiarkan kering dan produksi minyak semakin berkurang, maka lama-kelamaan akan muncul tanda-tanda penuaan pada kulit wajah, seperti garis halus, kerutan, dan bercak-bercak kering. 

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Dengan menggunakan pelembab setiap hari dapat menjaga kulit tetap terhidrasi, sehingga dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Selain itu, memijat wajah dengan lembut saat mengaplikasikan pelembab juga bisa membantu merangsang sirkulasi darah dan pembentukan sel baru, sehingga wajah akan tampak selalu awet muda.

Berikut ini tiga pelembab untuk kulit berminyak yang paling disarankan.

  • Oklusif

Pelembab yang berbahan oklusif akan menyegel kelembaban. Bahan oklusif yang bisa dipakai adalah petrolatum, lanolin, mineral oil, paraffin, dan squalene. 

  • Humektan

Pelembab jenis ini akan menjaga kelembaban kulit dengan cara menarik air dari lapisan bawah (dermis) ke epidermis (lapisan kulit terluar). Humektan termasuk dalam pelembab berbahan gliserin, hyaluronic acid, sorbitol, urea, dan alpha hydroxy acids. 

  • Emolien

Emolien adalah pelembab yang berfungsi menghaluskan kulit dengan mengisi ruang di antara serpihan lapisan kulit terluar dengan minyak atau lilin. Ada ceramide, stearic acid, linoleic acid, oleic acid, lauric acid, yang merupakan jenis emolien untuk kulit berminyak. dsy/kmp/sr/hd

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU