Sering Jadi Sasaran Bullying Sejak SD

Marshanda. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Aktris Marshanda saat masih sekolah kerap menjadi sasaran perundungan alias bullying lantaran kebiasaan bercandanya. Bahkan ia sudah merasakan bullying sejak Sekolah Dasar (SD).

"Suka merasa awkward (canggung), kayak bingung mau ngomong apa. Kalau ada celetukan-celetukan bercanda sedikit, kepikiran," terang Marshanda, Rabu (18/7/2021).

Tak hanya itu saja, Marshanda juga menceritakan bagaimana dampak besar sinetron Bidadari dalam masa kecilnya. Sebagai anak pemalu dan sering memikirkan sesuatu secara berlebihan, Marshanda menjadi sosok bulan-bulanan teman-temannya.

"Mungkin teman-teman melihat itu, terus jadiin aku bahan ledekan sekelas, karena tahu aku kalau diledek masukin hati," kata Chacha.

Marshanda merasakan dampak dari sikapnya yang berbuah perundungan. "Dari semua teman cewek dan cowok, aku itu paling jarang diajak bermain kalau waktu istirahat. Jadi, aku ditinggal sendiri di kelas," kenangnya.

Selain itu, Menurut Marshanda, bullying yang dialaminya lebih mengarah dipermalukan di depan kelas. Ia menceritakan sebuah kejadian tak menyenangkan saat sekolah. Kala itu, ia menulis surat berisi curahan hati untuk seorang sahabat.

Isinya, kekesalan kepada para perundung. Apes, surat itu dijadikan bahan perundungan sejumlah teman laki-laki. Marshanda kemudian merobek surat itu karena malu.

Bukannya berhenti, perundungan malah makin menjadi. Serpihan surat itu dipungut dan direkatkan kembali oleh seorang teman. Dia lalu membacakan surat Marshanda ke sejumlah teman lain.

"Besoknya, udah jam istirahat lagi, tiba-tiba ada satu anak cowok ke depan kelas dia bawa kardus. Ternyata sama dia diselotip, disatuin, dibacain keras-keras depan satu kelas," cerita Marshanda.

Terlepas dari kenangan masa lalu, akhir-akhir ini Marshanda yang kerap disapa Caca rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat demi mencapai berat badan ideal.

Caca memang tidak percaya diri dengan perutnya yang terlihat buncit. Hingga akhirnya memutuskan untuk olahraga rutin dan mengonsumsi makanan sehat.

"Rilis Stres yang luar biasa Latihan Jalan 1 jam," tulis Caca dalam bahasa Inggris. "Ingat ketika aku mencoba untuk menaklukkan rasa tidak percaya diriku karena perutku yang buncit dan tubuh yang tidak sempurna?"

"Yah, bangga untuk mengatakan bahwa aku telah melakukan hal yang luar biasa dengan makan makanan yang lebih sehat, berolahraga 5-6 kali seminggu, dan menghilangkan stres di kepala dan hati saya dengan menyanyikan lagu-lagu THE USED (itu untuk pagi ini). Ha ha!!", sambung Caca.