Setara Gempa 3,3SR, Ledakan Lebanon Memakan Ribuan Korban

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 05 Agu 2020 15:01 WIB

Setara Gempa 3,3SR, Ledakan Lebanon Memakan Ribuan Korban

i

Kepulan asap terlihat setelah terjadi sebuah ledakan bahan peledak di Beirut, Lebanon 4 Agustus 2020. Ledakan di Beirut, menurut saksi mata, memang sungguh massif.

SURABAYAPAGI.com, Lebanon – Publik digemparkan dengan ledakan besar yang terjadi di Lebanon. Diketahui, ledakan ini terjadi akibat penimbunan zat kimia bersifat eksplosif tersebut “tidak dapat diterima”, karena dilakukan secara serampangan tanpa memperhatikan aspek keamanan.

Ledakan dahsyat terjadi di Beirut malam tadi. Salah satu korban ledakan berhasil merekam detik-detik peristiwa mengerikan itu saat dia berkendara menggunakan mobil dari jarak dekat.

Baca Juga: Ledakan Guncang Markas Brimob, Kapolda Jatim: Peledak Kategori Low Eksplosive

Banyak video amatir beredar berhasil merekam ledakan hebat yang terjadi di Beirut. Salah satu yang berhasil mengabadikannya adalah seorang pengendara mobil.

Dalam video pendek berdurasi 22 detik yang beredar di media sosial, terlihat si pengendara mobil menjalankan kendaraannya sambil merekam kepulan asap yang terjadi di lokasi kejadian. Sekejap kemudian ledakan besar itu terjadi.

Baca Juga: Warga Dasuk Sumenep Diteror Ledakan Misterius, Kaca Mushola Sampai Pecah

Dalam waktu tak sampai dua detik, efek ledakan dahsyat tersebut sampai ke mobil. Sepihan kaca terlihat jelas masuk ke dalam mobil. Meski video tersebut bergoyang hebat, terlihat kalau kabin mobil tak sampai mengalami kerusakan parah. Meski kaca spion tengah yang terlepas dari tempatnya, kaca di sisi kanan (datangnya arah ledakan) pecah berkeping-keping, dan airbag di sisi kanan juga mengembang.

Terlepas dari itu, Pusat informasi gempa nasional AS, USGS, mengukur kekuatan ledakan di Beirut, Lebanon, pada Selasa sore, 4 Agustus 2020, setara gempa 3,3 Magnitudo. Ledakan disebut berasal dari sebuah gudang berisi 2.750 ton amonium nitrat serta menyebabkan sedikitnya 80 orang tewas dan 4.000 lainnya luka-luka.

Baca Juga: Lokasi Bekas Ledakan di Setiabudi Jaksel Masih Menyisakan Bau Mesiu

"Magnitudo yang kami laporkan tidak bisa dibandingkan secara langsung dengan gempa bumi skala yang sama karena ledakan itu terjadi di permukaan di mana efisiensi gelombang seismik yang dibangkitkan tidak sama."

Tayangan video ledakan yang dibagikan warga Beirut di media sosial menunjukkan bergulung-gulung asap putih sesaat sebelum terjadi ledakan dahsyat dari area pelabuhan di kota itu. Ledakan mengirim bola api dan asap bak jamur raksasa ke langit. Perekam yang berada di bangunan tinggi berjarak sekitar 2 kilometer dari pelabuhan sampai terpental karena syok. 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU