Si Jago Merah Lahap Rumah Dua Lantai di Babatan Pilang Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Feb 2023 06:15 WIB

Si Jago Merah Lahap Rumah Dua Lantai di Babatan Pilang Surabaya

i

Kebakaran rumah dua lantai di jalan Babatan Pilang Selatan Blok O no. 8, Surabaya, Rabu (01/02/2023). SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Sebuah rumah dua lantai milik Roslina yang terletak di jalan Babatan Pilang Selatan Blok O no. 8, Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyung, Surabaya mengalami kebakaran pada Rabu (01/02/2023) sore sekitar pukul 15.55 WIB.

Pada saat kejadian, Roslina sedang mengasuh anaknya di lantai dasar. Namun kemudian, ia mendengar suara seperti patahan ranting.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Menyadari suara aneh tersebut semakin nyaring dan mengganggu, Roslina berinisiatif keluar rumah dan melihat ke arah loteng rumahnya yang beratapkan genteng itu.

Ternyata, kepulan asap hitam pekat telah menyeruak tebal disertai dengan kobaran api yang memercik belakangan di lantai dua rumahnya.

Melihat rumahnya terbakar, ia bergegas berlarian meminta bantuan para tetangganya untuk memadamkan kebakaran. Warga yang melihat adanya kebakaran tersebut langsung menghubungi Command Center Surabaya 112 guna mendapatkan bantuan.

Tak butuh waktu lama, petugas gabungan dari petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, petugas BPBD kota Surabaya, petugas Posko terpadu Dukuh Pakis, petugas Satpol PP Kota Surabaya, petugas PMI Kota Surabaya, petugas PLN, petugas Projopati Wiyung, petugas Polsek Wiyung, petugas DLH Kota Surabaya dan Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya tiba di lokasi kejadian pada pukul 15.59 WIB dan langsung melakukan pemadaman api serta penanganan.

Setidaknya tujuh truk pemadam kebakaran berbagai jenis dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di rumah tersebut. Adapun rinciannya yakni 3 unit tempur rayon 4 Wiyung, 1 unit tempur pos Lakarsantri, 1 unit tempur pos Waru Gunung, 1 unit tempur pos Pakis TVRI, 1 unit tempur poskotis Joyoboyo dan unit bantuan 2 unit tangki DLH.

Api pokok dinyatakan padam sekitar pukul 16.15 WIB. Kemudian, proses pembasahan dinyatakan selesai dan kondusif sekitar pukul 16.53 WIB.

Baca Juga: Bangunan Bekas Bengkel di Mojokerto Dilalap si Jago Merah, 3 Unit PMK Diterjunkan

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan, kobaran api yang mengamuk itu melahap seisi dua ruangan, yaitu kamar dan area terbuka untuk menjemur pakaian berukuran 4 m x 5 m di lantai dua rumah tersebut.

"Untungnya obyek yang terbakar hanya kamar tidur dan tempat cucian yang berada di lantai 2. Sementara untuk lantai 1 aman dan tidak terdampak  kebakaran. Sumber api berasal dari lantai atas, untuk rumah kanan kiri aman tidak ada perambatan api," terang Dedik.

Dedik pun memastikan, tidak ada korban jiwa ataupun luka dari pihak penghuni rumah dalam insiden kebakaran tersebut.

"Dalam insiden kecelakaan tidak ada korban jiwa dan juga penyebab kebakaran belum bisa dipastikan dari mana api berasal,” katanya.

Roslina menuturkan bahwa pada saat kejadian, sedang tidak ada aktivitas apapun di lantai dua rumahnya. Bahkan, ia juga memastikan, perabotan elektronik ataupun alat penerangan di dalam ruangan itu juga dalam keadaan tidak menyala.

Baca Juga: Padamkan Api, Lansia di Jember Tewas

"Siang tadi saya nyuci sepatu di lantai bawah. Lalu jemur ke atas. Ya gak ada apa-apa. Gak ada colokan, lampu mati," ujar Roslina

Namun anehnya, sumber kebakaran yang terjadi justru di lantai dua rumahnya itu. IA menduga, penyebab kebakaran tersebut karena konsleting kabel listrik di lantai dua rumahnya

"Kemungkinan listrik, gak ada perabotan (alat) yang menyala," pungkasnya.

Atas insiden kebakaran tersebut, Pemerintah Kota Surabaya melalui @bpbdsurabaya memberi bantuan berupa tempat tidur, paket sembako dan makanan selama 7 hari untuk penghuni rumah. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU