Siap - siap! Harga Mi Instan akan Naik Tiga Kali Lipat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Agu 2022 15:45 WIB

Siap - siap! Harga Mi Instan akan Naik Tiga Kali Lipat

i

Foto Ilustrasi

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Harga mi instan di Indonesia akan mengalami kenaikan dalam waktu dekat. Bahkan diperkirakan kenaikan harganya bisa mencapai tiga kali lipat. Kebar tersebut diungkapkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

 Syahril menuturkan, kenaikan harga mi ini merupakan imbas dari perang antara Rusia dengan Ukraina. Perang Rusia-Ukraina menyebabkan adanya pasokan gandum Ukraina yang tertahan dan tak bisa keluar akibat blokade Rusia hingga sebanyak 180 juta ton.

Baca Juga: Firli Bahuri: KPK Kerap di Serang Balik Koruptor

 "Belum selesai dengan climate change, kita dihadapkan Perang Ukraina-Rusia, dimana ada 180 juta ton gandum nggak bisa keluar, jadi hati-hati yang makan mi banyak dari gandum, besok harganya (naik) 3x lipat," katanya, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Firli Minta Dugaan Pemerasan ke SYL Cepat Dituntaskan

 Rusia dan Ukraina merupakan negara penghasil gandum terbesar dunia. Sebanyak 30-40% kebutuhan gandum dunia disuplai dari kedua negara tersebut. Dengan situasi perang saat ini, gandum menjadi langka karena pasokan terhambat dan menyebabkan harga gandum di pasar internasional mengalami kenaikan. Kenaikan harga gandum di pasar internasional otomatis ikut berimbas pada harga mi instan di dalam negeri. Gandum sendiri merupakan bahan baku permbuatan mi.

 Saat ini Indonesia masih impor gandum dari negara lain. Angka impor gandum Indonesia telah mencapai 11 juta ton. Industri makanan membutuhkan 9 juta ton sedangkan industri produsen pakan ternak unggas membutuhkan 2 juta ton.

Baca Juga: Praperadilan Ditolak, SYL Tetap Tersangka

 "Harga gandum mahal banget. Sementara kita impor terus nih. Kalau saya sih jelas tidak setuju. Kita makan saja singkong, sorgum, sagu. Jadi mari kita lawan (pangan impor)," tutur dia. 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU