Siapkan Porprov, Disparbudpora Beri Dukungan Bina Atlet di Puslatkab Sumenep

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Nov 2021 17:54 WIB

Siapkan Porprov, Disparbudpora Beri Dukungan Bina Atlet di Puslatkab Sumenep

i

Disparbudpora Kabupaten Sumenep akan mendukung atlet dengan dibina di Puslatkab Sumenep. SP/Ainur Rohman

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep memberikan perhatian khusus kepada para atlet berprestasi dengan memberikan dukungan materi maupun sarana prasarana yang dibutuhkan para atlet di Pusat Pelatihan Kabupaten (Puslatkab) Sumenep.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumenep melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Subiyakto, SH, MH, mengungkapkan pihaknya memfasilitasi para atlet melalui cabang olahraga (Cabor) masing-masing untuk melaksanakan pelatihan secara intensif di Puslatkab Sumenep. Khususnya pada persiapan menghadapi Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022 mendatang.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

“Kegiatan pembinaan bagi para atlet di Puslatkab Sumenep sudah dilaksanakan sejak Oktober lalu untuk menghadapi Porprov mendatang agar para atlit sudah benar-benar siap berlaga untuk meraih prestasi,”ujar Subiyakto, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, dari 23 Cabor yang ada di Sumenep, sebanyak 8 Cabor yang dipilih untuk melaksanakan kegiatan pelatihan di Puslatkab Sumenep. Diantaranya atlit silat, karate, Atletik, TSE, angkat besi, bilyard, tinju dan volly pantai.

Sedangkan target perolehan prestasi sesuai target dari Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) diakui Subiyakto yakni bisa meraih medali 6 emas, 11 perak 12 perunggu. Hal tersebut diharapkan dapat tercapai dengan komitmen dan perjuangan para atlet di masing-masing Cabor yang ada.

Meskipun diakui, dana pembinaan untuk para atlet termasuk para pelatih belum cair, namun sesuai komitmen bersama para atlet dan masing-masing Cabor untuk tetap berlatih dengan semangat, karena dalam waktu dekat dana tersebut segera bisa dicairkan karena kemarin masih menunggu dana PAK.

Baca Juga: Lalin dari Bangkalan Menuju Sampang dan Sumenep Tersendat Banjir

“Kami harapkan dana pembinaan dalam waktu dekat ini sudah bisa dicairkan, agar para atlit bisa terobati dengan mendapatkan uang saku serta kebutuhan makan minum kebutuhan atlet terjamin dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu Bidang Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Sumenep diakui Subiyakto, dalam melaksanakan kegiatan juga melibatkan semua bidang dalam satu rangkaian Disparbudpora Sumenep, seperti halnya dengan turut mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 63 tahun 2021 Tentang Pramu Wisata. Sehingga disamping bisa mengawal kegiatan pemuda dan olahraga juga mengenalkan Perbup kepada masyarakat melalui kegiatan kepemudaan.

Disamping itu sebagaimana misi Kabupaten Sumenep di bidang pariwisata juga terkait dengan bidang pemuda untuk membina mereka yang berprestasi untuk juga dilibatkan dalam setiap kegiatan. Seperti halnya yang terbaru, prestasi Putri Hijab Nusantara yang diraih putri asal Sumenep untuk diberikan reward dan dilibatkan khususnya dalam setiap event pemuda dan olahraga.

Baca Juga: Oleng, Bus Tabrak Pohon dan Rumah Warga di Sumenep

Jadi, ketika ada yang berprestasi kemudian tidak ditinggal begitu saja, namun bisa terus berkiprah dengan terlibat dalam berbagai event, seperti halnya untuk Putri Hijab Nusantara ini bisa dilibatkan sebagai MC dalam kegiatan kepemudaan.

“Bahkan, kami sudah miliki rencana untuk menerjunkan Putri Hijab Nusantara ini dalam kegiatan 2 in 1, yakni sosialisasi Perda nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan sekaligus penyampaian visi-misi Kabupaten Sumenep yang akan dilaksanakan di sejumlah Kecamatan di Sumenep,” pungkasnya. ar

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU