Siap-Siap, Google Akan Hapus Akun yang Sudah Tidak Aktif Selama 2 Tahun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 19 Mei 2023 14:39 WIB

Siap-Siap, Google Akan Hapus Akun yang Sudah Tidak Aktif Selama 2 Tahun

i

Beberapa layanan Google seperti Google Mail, YouTube, Workspace dan lain-lain. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Diketahui, sebagai langkah pencegahan isu keamanan, kini Google mengumumkan akan menghapus akun Google yang sudah tidak menunjukkan aktivitas apa-apa selama 2 tahun terakhir.

Layanan yang dimaksud tersebut seperti Google Mail, YouTube, Workspace dan lain-lain. Penghapusan ini tidak berlaku untuk akun bisnis dan akun sekolah.

Baca Juga: USTDA Hibahkan Rp 31,3 Miliar, Fokus di Pengembangan Teknologi IKN

Google mengatakan akan mengirim beberapa email peringatan sebelum penghapusan permanen diberlakukan. Penghapusan akun ini akan ikut menyeret konten yang tersimpan di Google Workspace, YouTube dan Google Photos. Semuanya akan hilang seketika.

Sebelumnya, Google mengutip isu keamanan sebagai alasan penghapusan ini. Akun yang jarang aktif sangat mungkin tidak mengaktifkan fitur autentikasi 2 langkah (2FA). Akun ini punya resiko besar tercuri, atau di-spam.

Baca Juga: Sosok Siti Aminah Cendrakasih ‘Mak Nyak’ Si Doel Anak Jalanan yang Tampil di Google Doodle

“Hal ini karena akun yang terlupakan atau tidak dijaga sering mengandalkan kata sandi lama atau yang digunakan kembali yang mungkin telah disusupi, belum menyiapkan autentikasi dua faktor, dan menerima lebih sedikit pemeriksaan keamanan oleh pengguna,” tulis keterangan Google, dikutip Jumat (19/05/2023).

Analisis internal Google menunjukkan, akun yang ditinggalkan setidaknya 10 kali lebih kecil kemungkinannya dibandingkan akun aktif untuk menyiapkan verifikasi 2 langkah. Artinya, akun-akun ini rentan, dan begitu akun dikompromikan itu dapat digunakan untuk apa saja mulai dari pencurian identitas.

Baca Juga: Lewat Gebyar Gemoy, KomITS 08 Siap Sumbang Ide Masalah Teknologi ke Prabowo-Gibran 

Syarat Agar Akun Google Masih Bisa Aktif

Kamu punya akun Google yang lama tak aktif, tapi masih ingin menggunakannya di kemudian hari? Kamu bisa mulai rutin mencoba untuk melakukan beberapa berikut ini.

  • Membaca atau mengirim email
  • Menggunakan Google Drive
  • Menonton video YouTube
  • Mengunduh aplikasi dari Google Play Store
  • Masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga dengan akun Google
  • Melakukan penelusuran Google saat masuk. dsy/kmp

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU