Sidak Harga Sembako, Menteri Perdagangan : Harga Sembako Stabil dan Cenderung Turun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 22 Jul 2022 14:36 WIB

Sidak Harga Sembako, Menteri Perdagangan : Harga Sembako Stabil dan Cenderung Turun

i

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan

SURABAYAPAGI.COM, Bogor - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) melakukan kunjungan ke pasar Cibinong, Bogor untuk memantau harga sembako di pasar pada hari Jumat (22/7/2022). Ia mengungkapkan bahwa harga sembako cukup stabil dan cenderung turun.

Zulkifli menuturkan harga cabai rawit saat ini sudah turun sebesar 50%. Penurunan harga juga berlaku untuk telur, ayam, daging, dan bawang.

Baca Juga: Jelang Ramadhan Bapok Kian Mahal, Kemendag Pastikan Tak Akan Ubah HET Minyakita

Zulhas pun menuturkan harga minyak goreng curah di wilayah Jawa-Bali sudah turun ke Rp14.000 per per liter. Bahkan, ujarnya, sudah ada yang menjual di bawah harga eceran tertinggi yang dipatok pemerintah, Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kg.

Baca Juga: Harga Cabai Masih Pedas di Awal Tahun 2024, Zulhas: Tidak Perlu Khawatir

"Sekarang harga jauh lebih turun, minyak goreng curah dimana-mana, Jawa-Bali di bawah RP 14 ribu, rata-rata jual itu Rp 13.000 - Rp 13.500. Kalau Rp 14 ribu itu biasanya pake botol, jadi Alhamdulillah berhasil," kata Zulhas usai sidak di Pasar Cibinong, Jawa Barat, Jumat (22/7/2022). Hanya saja Zulhas menyebut untuk wilayah Papua dan Maluku, harga minyak goreng curah, masih mahal. Dari catatannya, harga di dua wilayah itu dijual dengan harga Rp 23 ribu karena permasalahan logistik.

Baca Juga: Forum Kyai Akan Kampung Laporkan Zulkifli Hasan ke Polda DIY

Zulkifli juga akan terus memantau agar harga minyak goreng layak untuk tingkat masyarakat paling bawah. bg

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU