Sidak Lapas Sidoarjo, Kadivpas Pimpin Penggeledahan Kamar Hunian

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 13 Jul 2022 16:02 WIB

Sidak Lapas Sidoarjo, Kadivpas Pimpin Penggeledahan Kamar Hunian

i

Petugas saat memeriksa kamar hunian di Lapas Sidoarjo. SP/Budi Mulyono

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Kanwil Kemenkumham Jatim kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lapas jajaran. Selasa malam (12/7) giliran Lapas Sidoarjo yang disidak tim yang dipimpin Kadivpas Teguh Wibowo. Tidak hanya sidak, kadivpas juga memimpin penggeledahan blok hunian di lapas yang dipimpin Teguh Pamuji itu.

Sidak dimulai pukul 20.00 WIB, Kadivpas memimpin Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim. “Kali ini kami fokus ke kamar hunian kasus narkoba dan kamar tahanan pendamping,” ujar kadivpas.

Baca Juga: BPK: Sistem Pengendalian Internal Kemenkumham Jatim Semakin Baik

Tim Satops secara acak langsung menuju kamar hunian narapidana kasus narkotika tepatnya di blok A. Dengan teliti dan jeli tim memeriksa satu persatu barang barang terlarang yang berada di kamar warga binaan. “Tetap dengan sikap humanis, kami melakukan salam dan tegur sapa kepada warga binaan untuk memeriksa kamar mereka satu persatu,” tutur Teguh Wibowo. 

Baca Juga: 9 Duta Integritas Kemenkumham Jatim Dikukuhkan

Tak ketinggalan juga bagian dapur, musholla, brandgang pun diperiksa rata oleh tim. Dari beberapa kamar dan tempat yang digeledah pada malam hari ini, tim menemukan elektronik, uang tunai, peralatan pertukangan dan beberapa benda tajam. “Dengan disaksikan oleh kalapas beserta staf, seluruh barang temuan hari ini dimusnahkan,” terangnya.

Penggeledahan pada malam kemarin sebagai salah satu evaluasi pelaksanaan kunjungan langsung secara terbatas. Menurut Teguh, kunjungan langsung setelah dua tahun ditiadakan berpotensi dimanfaatkan oknum-oknum untuk menyelundupkan barang terlarang. “Kami telah memerintahkan seluruh jajaran untuk aktif melakukan deteksi dini maupun penggeledahan agar lapas/ rutan bersih dari narkotika,” tegasnya.

Baca Juga: Kemenkumham Jatim Komitmen Zona Integritas di Satker Keimigrasian

Tidak itu saja, kadivpas juga memerintahkan jajarannya agar teliti dalam memeriksa barang bawaan pengunjung. Terutama yang akan dibawa masuk ke dalam ruang besukan. Dari sisi warga binaan, pihaknya telah mengimbau agar membantu petugas lapas menciptakan suasana yang kondusif. Salah satunya dengan tidak menyalahgunakan narkotika. Nbd

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU