Silaturahmi Dengan Awak Media di Sumenep, Begini Pesan Bijak Bupati Achmad Fauzi

Achmad Fauzi Bupati Sumenep (tengah) saat silaturahmi bersama awak Media dalam rangka. SP/Ainur Rahman

SURABAYA PAGI, Sumenep - Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) menggelar acara Silaturahmi Bupati Sumenep, Achmad Fauzi SH, MH. bersama para awak media di Kabupaten Sumenep.

 Acara Silaturahmi Bupati dan para kuli tinta tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Rabu (16/2). 

Dalam sambutannya Bupati Sumenep, Achmad Fauzi SH, MH menyampaikan,  upaya pemerintah dalam melakukan percepatan pertumbuhan Pariwisata dan ekonomi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi prioritas pemkab Sumenep 2022. 

"Pemerintah Kabupaten Sumenep, sudah mulai bekerja dengan konsep inovatif dalam membangun UMKM, sebagai langkah percepatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sumenep," ujar Achmad Fauzi Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur saat silaturahmi bersama awak media dalam rangka HPN 2022, Rabu (16/2). 

Selain itu juga, Achmad Fauzi meminta pelaku media yang ada di Kabupaten Sumenep agar dalam menyajikan berita tidak hanya seputar covid-19 saja, namun bagaimana juga mengangkat potensi yang dimiliki Kabupaten Sumenep. 

“Jadi saya meminta bagaimana teman-teman wartawan mengangkat berita yang berkaitan dengan hal-hal teknis, seperti pariwisata dan UMKM,” pintanya. 

Sehingga menurut Achmad Fauzi, apa yang berkaitan dengan wisata yang ada di Kabupaten Sumenep bisa diketahui oleh masyarakat luar, sesuai dengan keinginan bersama.

 “Karena diakui atau tidak, dampak dari pariwisata cukup luar biasa terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sumenep,” tukas Achmad Fauzi. 

Dalam kesempatan itu juga Achmad Fauzi meminta para insan pers agar menyajikan berita fakta bukan berita palsu atau bohong (hoax).

 "Silakan sajikan informasi yang sifatnya mengedukasi para pembaca, dan sebagai pelaku media untuk terus berkreasi memberikan yang terbaik untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat Sumenep agar dapat memahami mana berita yang benar dan yang tidak,’’ ungkapnya. 

Dengan begitu kata dia, Kabupaten Sumenep terhindar dari berita hoaks yang dapat menimbulkan kegaduhan. "Kritikan boleh namun juga disertai dengan solusi terbaik," katanya. 

Jadi sambungnya, Achmad Fauzi berharap agar wartawan juga dapat membangun Kabupaten Sumenep menuju arah lebih baik ke depan dengan lima fungsi jurnalis berdasarkan Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999. 

‘’Yakni menginformasikan, mengedukasi, entertainment dan membangun ekonomi,’’ pungkasnya. (ar)