Sinergi Mahasiswa dan Dosen Fakultas Teknik UPNVJT Sukses Kembangkan Masyarakat Giripurno lewat KKN

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 27 Mei 2022 19:05 WIB

Sinergi Mahasiswa dan Dosen Fakultas Teknik UPNVJT Sukses  Kembangkan Masyarakat Giripurno lewat KKN

i

Salah satu kegiatan KKN yang dilakukan Mahasiswa dan Akademisi Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT).

SURABAYA PAGI, Surabaya- Menjalankan program KKN Bina Desa, Mahasiswa dan Akademisi Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) sukses mengembangkan potensi masyarakat Desa Giripurno, Kecamatan Bumi Aji, Kota Batu melalui buah dan sayur. Jumat (27/05/2022).

Sebagai implementasi program merdeka belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK), kampus dengan julukan Bela Negara yakni UPN "Veteran" Jawa Timur menggelar KKN Bina Desa di Kota Batu, Jawa Timur. Tidak lain dan tidak bukan adalah Desa Giripurno yang terdapat di Kecamatan Bumi Aji menjadi sasaran program pengembangan masyarakat pada gelombang pertama ini selama 3 bulan.

Baca Juga: Tidak Ditemui Gubernur Khofifah, Demo Mahasiswa UPN Veteran Jatim Berakhir Ricuh

Digelar mulai bulan Maret hingga Mei 2022, kegiatan KKN Bina Desa ini terbagi dalam beberapa kelompok dengan masing-masing fokus problematika yang akan dihadapi.

Salah satunya adalah mahasiswa kelompok buah dan sayur yang terdiri dari Nur Azizah Alifia Rachman, Shinta Riski Azizah, Muhammad Donny Putra Wardana dan Galang Ananda Putra. Keempat (4) mahasiswa ini kemudian bersinergi dengan para akademisi yang terlibat secara langsung dalam kegiatan tersebut, yakni Dr. Yushinta Aristina Sanjaya, S.Pi, MP., selaku koordinator, kemudian tiga dosen yang berkontribusi sebagai pembimbing, yakni Ir. Endang Pudji W, M.MT, Lilik Suprianti, S.T, M.Sc, dan Mega Cattleya Prameswari, S.ST., M.T.

Adapun beberapa kegiatan dari KKN Bina Desa guna mengembangkan masyarakat Desa Giripurno, meliputi pemetaan potensi buah dan sayur yang ada di Desa Giripurno, memikirkan pengembangan potensi tersebut untuk meningkatkan nilai jual, melakukan penyuluhan terkait pemanfaatan buah dan sayur menjadi beberapa produk, pelatihan dan pendampingan pembuatan produk yaitu tomat kurma dan kimchi, pelatihan pemasaran serta legalitas usaha, serta pengolahan limbah buah dan sayur.

Tak hanya sampai disitu, program KKN ini juga melakukan pembinaan kepada anak-anak dengan memberikan pengajaran di SDN 02 Giripurno mengenai pentingnya konsumsi buah dan sayur sejak dini, dan penyuluhan tentang legalitas, online shop, serta pengolahan limbah buah dan sayur.

Baca Juga: Sampaikan Sejumlah Tuntutan, Mahasiswa UPN Jatim Demo Kantor Gubernur Jatim

Selanjutnya, kegiatan penyuluhan serta pelatihan pengolahan tomat kurma dan kimchi dari Pakcoy dilakukan di Aula Desa Giripurno dengan melibatkan para Akademisi Fakultas Teknik sebagai narasumber. Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Sekretaris Desa Giripurno beserta beberapa perangkat desa, ibu-ibu PKK, UKM serta bapak-bapak POKJA.

Kegiatan ini nyatanya memberikan pengetahuan dan keterampilan baru untuk membuat tomat kurma dan kimchi.

Sinergi Akademisi dan Mahasiswa Kampus Bela Negara ini juga melakukan pendampingan kepada warga secara intensif dengan harapan dapat membuat produk kimchi dan tomat kurma hingga layak dijual.

Baca Juga: Pemkot Gandeng Enam Perguruan Tinggi Kembangkan Potensi Surabaya

Melalui kegiatan KKN Bina Desa ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang sangat besar kepada masyarakat desa Giripurno, serta memberikan pengalaman dan juga pembelajaran secara langsung dari materi-materi perkuliahan di kampus.

Dengan kegiatan KKN Bina Desa ini diharapkan mahasiswa juga akan lebih siap menghadapi dunia kerja setelah mengemban gelar sarjana secara sah dari universitas. Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Bela Negara yang merupakan visi dari Kampus UPN "Veteran Jawa Timur".mbi

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU