Sinergitas Pemkab dan TNI Polri Kunci Utama Lamongan Level 1

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Sep 2021 17:08 WIB

Sinergitas Pemkab dan TNI Polri Kunci Utama Lamongan Level 1

i

Bupati saat berbicara dihadapan Peserta Didik Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah Polri. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Keberhasilan Kabupaten Lamongan menjadi daerah pertama yang menduduki assessment PPKM level 1 di Pulau Jawa berdasarkan assessment situasi dari Kemenkes RI, karena sinergitas antara Pemerintah Kabupaten, bersama TNI Polri yang terus bahu membahu bagaimana menjaga masyarakat untuk selalu mentaati protokol kesehatan (Prokes).

Hal itu disampaikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dihadapan Serdik Sespimment (Peserta Didik Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah) Polri saat melakukan audiensi di Ruang Kerja Bupati Pemkab Lamongan.

Baca Juga: Mentan Bolak Balik ke Lamongan Ingin Pastikan Programnya Terealisasi

Disebutkan olehnya, selain sinergitas Pemkab, TNI Polri, kunci keberhasilan Lamongan berada di level 1 PPKM, adalah karena dukungan dari masyarakat yang selalu mentaati protokol kesehatan (Prokes).

Selain itu lanjut Bupati, koordinasi terus dilakukan baik dari rencana yang akan dilakukan oleh Polres maupun Kodim dengan pemerintah, sehingga rencana yang telah disusun matang itu memiliki satu kesatuan dan tujuan yang sama. “Kami (pemerintah) bersama Kodim dan Polres pasti memiliki target kegiatan dalam penanganan Covid-19. Itu terus kami koordinasikan sehingga menjadi satu kesatuan, tidak jalan sendiri-sendiri. Kemudian setelah dilakukan kegiatan aksi, kami juga melakukan evaluasi menyeluruh, artinya itu yang bisa melandaikan angka Covid-19 di Lamongan,” tuturnya.

Tak hanya upaya pemerintah saja, Bupati juga mengungkapkan jika seluruh elemen masyarakat juga turut andil penuh atas keberhasilan itu. Beliau menceritakan bahwa tidaklah sulit untuk mengajak masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan. Ketika surat edaran diterbitkan, masyarakat langsung bergegas untuk mematuhinya.  

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

“Meski pada awalnya sulit, bukan masyarakat saja yang kesusahan, kita saja juga awalnya berat. Tapi lambat laun masyarakat mengerti dan tidak sulit diatur, bahkan sangat mendukung upaya pemerintah dalam memerangi Covid-19,” lanjutnya.

Meski kondisi yang sudah membaik ini, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mewaspadai dan berupaya agar tidak ada lonjakan kembali. Upaya sosialisasi bahwa Covid-19 masih ada kepada masyarakat serta membudayakan pemakaian masker, mencuci tangan menggunakan sabun/hand sanitizer serta menjaga jarak terus digalakkan.

Baca Juga: Jenderal TNI Kecolongan Pelat Nomor, Lapor Polisi

Turut hadir dalam audiensi, Kombes Pol Sulistyaningsih selaku Pendamping Sespimment serta Novita Eka Sari, M.H.S. Sophian dan Eddy Inganta selaku siswa Sespimment. jir

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU