Sisa-Sisa Kastil Tembok Besar Ditemukan di Shaanxi China

Sisa-sisa kastil Tembok Besar yang berasal dari Dinasti Ming (1368-1644) ditemukan di Provinsi Shaanxi, Tiongkok barat laut. SP/ CH

SURABAYAPAGI.com, China - Sisa-sisa kastil Tembok Besar yang berasal dari Dinasti Ming (1368-1644) ditemukan di Provinsi Shaanxi, China barat laut, kata Akademi Arkeologi Shaanxi.

Peninggalan arsitektur, termasuk dua halaman, ditemukan di sisa-sisa kastil Qingpingbao, yang terletak di Kabupaten Jingbian, Kota Yulin, Jumat (11/6/2021).

Halaman di sisi selatan relatif besar dengan panjang 60 meter dan lebar 25 meter. Dinding, rumah, dan lantai batanya terpelihara dengan baik.

Para arkeolog juga menemukan tablet batu di halaman. Menurut prasasti di tablet, halaman adalah situs sebuah kuil yang disebut Istana Xianying. Lebih dari 30 patung tanah liat yang dicat juga ditemukan.

Halaman lainnya adalah situs sisa-sisa bangunan yang lebih besar di sebelah timur Istana Xianying. Sebuah pangkalan yang tersisa sepanjang 12 meter dan setinggi 3 meter ditemukan di sini.

Sisa-sisa kastil ditemukan di parit tanah di mana penduduk desa setempat mengambil tanah untuk membangun jalan pada April tahun lalu, dan pekerjaan penggalian penyelamatan dimulai pada bulan berikutnya.

Kastil ini berjarak sekitar 10 km dari Tembok Besar, yang dibangun pada Dinasti Ming. Ini mempertahankan pola, gaya, dan karakteristik kastil Tembok Ming. Itu terpelihara dengan baik dalam hal penampilan aslinya di Shaanxi utara. Dsy5