Siswa MAN 3 Jombang Dibekali Ilmu Jurnalistik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Mar 2022 14:26 WIB

Siswa MAN 3 Jombang Dibekali Ilmu Jurnalistik

i

Pelatihan jurnalistik di MAN 3 Jombang, Jawa Timur, Selasa (15/3/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Jombang– Safari Jurnalistik yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jombang terus berlanjut. Kali ini di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang. Kepala MAN 3 Jombang, Sutrisno menyambut baik safari jurnalistik bertema pelatihan jurnalistik dan berinternet sehat untuk pelajar dan santri itu.

Terlebih di lembaga yang ia pimpin juga ada ekstrakurikuler jurnalistik di bawah pembinaan waka kesiswaan dan humas. “Setiap tahun dua kali menerbitkan sebuah majalah Elite hasil liputan dari seluruh kegiatan di madrasah maupun pondok pesantren,” ungkapnya, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga: Pj Wali Kota Mojokerto Ajak Jurnalis Jadi Media Speaker Kemajuan Kota Mojokerto

Sutrisno mengatakan, selama ini dirinya hanya mengetahui hasil produk karya tulis wartawan yang sudah siap baca, tanpa mengetahui prosesnya. Mulai dari teknik reportase atau pengumpulan bahan pelaporan peristiwa, editing hingga penayangan.

“Tentu proses itu semua memerlukan keahlian yang tidak semua orang bisa melakukannya,” kata dia. Maka, perlu pembekalan dari PWI yang penuh keterbatasan waktu, agar siswa siswi tetap kreatif dalam berkarya di madrasah maupun di pesantren.

“Kami bersyukur ada safari jurnalistik ini, jadi tidak perlu mengundang karena sudah hadir PWI di sini. Mohon nanti ada output kepada anak-anak kemudian membimbing, sehingga menggairahkan belajar anak-anak di sini, terutama anak-anak pecinta jurnalis,” kata Sutrisno. Era digitalisasi membuat infomasi dapat diketahui masyarakat secara cepat.

Baca Juga: Buah Intervensi Kinerja Jurnalis, Polres Tuban Panen Protes hingga Keberatan RPS

Meski MAN 3 Jombang dibatasi koridor penggunaan teknologi, namun Sutrisno mengaku madrasah di lingkungan Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang itu tidak pernah ketinggalan dalam penggunaan teknologi.

“Anak anak di madrasah ini tidak ketinggalan dalam penggunaan IT, buktinya olimpiade robotic menjadi juara,” kata Sutrisno. Ketua PWI Kabupaten Jombang, Sutono Abdillah mengatakan pelatihan jurnalistik bagi santri dan pelajar merupakan program safari Jurnalistik PWI Jombang selama Maret 2022. Ia menyebut, ada enam lokasi yang menjadi sasaran kegiatan tersebut. Antara lain enam lokasi tersebut di antaranya Pondok Pesantren Roudhotu Tahfidzil Quran Kecamatan Perak; SMK Plus Umar Zahid Semelo Kecamatan Bandarkedungmulyo; STIT Urwatul Wutsqo Diwek; MAN 3 Jombang; dan Ponpes Darul Ulum Rejoso Peterongan; serta MTs Bahrul Ulum Genukwatu, Kecamatan Ngoro.

“Safari jurnalistik merupakan lokasi yang ketiga, setelah sebelumnya di Ponpes RTQ Perak dan STIT UW,” kata Sutono. Materi jurnalistik disampaikan pengurus PWI Jombang secara bergantian dan setelah materi diberikan dilanjutkan dengan praktik membuat berita.

Baca Juga: Diduga Lecehkan Profesi Jurnalis, Bos Mafia Gedang Dilaporkan FKA UKW

Tujuannya agar peserta bisa memahami ilmu jurnalistik itu. Selain bisa memahami ilmu jurnalistik, para peserta pelatihan juga bisa membedakan berita yang benar dan hoaks (berita bohong).

“Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dan kami harapkan para peserta bisa menulis berita dengan baik sesuai kaidah jurnalistik,”pungkasnya.rif

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU