Siswa SD (IT) Nurul Hikmah Sabet Juara Robotic Virtual Asia Pasific

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Okt 2020 21:35 WIB

Siswa SD (IT) Nurul Hikmah Sabet Juara Robotic Virtual Asia Pasific

i

Dua siswa SD (IT) Nurul Hikmah yang mempraktekkan robotic Virtual.SP/SUGENG

SURABAYA PAGI, Sidoarjo -  Prestasi mendunia kembali diraih siswa SD di Sidoarjo. Prestasi tersebut ditelurkan Richie Zhafran Zakiy Lovtyto siswa kelas IV SD Islam Terpadu (IT) Nurul Hikmah Sidoarjo yang berhasil menyabet lima juara di lima kategori berbeda, pada kompetisi international cospace online challenge icoolchallenge @virtual robocup 2020.

 “Alhamdulilah siswa Richie Zhafran, sukses meraih juara pada Kategori cospace grand prix challenge first steps U12. Ada lima juara yang behasil diraih yakni juara 1 people choice session , juara 1 moat popular video session 4, juara 2 community awarennes, juara 3 most educational video, dan juara 3 best presentation award,” tutur Khofia Ladiakara, Kepala Sekolah SD (IT) Nurul Himah, Rabu (14/10/2020) saat mendampingi Richie Zhafran Zakiy Lovtyto.

Baca Juga: Langgar Aturan Mendagri, Pemkab Sidoarjo Batalkan Mutasi 500 Pejabat

Masih menurut Khofia, selain Richie Zhafran ,prestasi juga diraih Izzdihar Mekkah Al Multazam, teman satu tim robotic SD (IT) Nurul Hikmah.Izzdihar meraih reward untuk kemenangan best time spirit atau kemampuan strategis dalam tim robotic.

“Karena keduanya berprestasi, InsyAllah pada tanggal 14-15 November 2020 nanti, kedua siswa kita akan mengikuti kejuaraan wonderfull Indonesia robot Challenge (WIRC) di Jatim Park 3” ujar Khofia.

SD (IT) Nurul Hikmah sendiri, untuk memfokuskan kemampuan siswanya, menempatkan materi robotik pada jam Ekstra kurikuler.

Baca Juga: Dishub Jatim akan Luncurkan Bus Trans Jatim Luxuryi di Koridor Gresik - Sidoarjo

Konsepnya, guru extra kurikulernya, yang memilih sendiri siswanya sesuai kemampuan saat siap masuk dinjam ekstra kulikurel itu.

“Dari melihat ketelitian, keseriusan, dan kemampuan siswa, maka terpilih 11 siswa dari kelas 3 dan 4 untuk kelas ekstra kurikuler robotik ini. Kita berharap, siswa siswi ini akan mampu menciptakan robot yang bermanfat bagi masyarakat nantinya,” ucap Khofia.

Sementara itu Cospace robocup 2020 yang digelar secara virtual pada 8-12 Oktober 2020 kemarin ini, diikuti 600 pelajar SD hingga Mahasiswa dari 25 negara asia pacific. (Indonesia, Singapura, China, Taiwan, India, Jepang, Brazil, Rusia, Iran, Australia Korsel, Hongkong, UEA).

Baca Juga: Bupati Sidoarjo Tersangka Kasus Korupsi, Pj Gubernur Jatim Beri Tanggapan Tegas

Tujuan dari lomba ini sendiri, untuk menyatukan komunitas pencinta robot dunia.Sg

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU