Siswa Smamda Sidoarjo Bagikan Daging Kurban Ke Warga Desa

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Menyambut Hari Raya Idul Adha, Smamda (SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo) melaksanakan penyembelihan sapi kurban di Masjid Baitul Ukhuwah di Perumahan Bumi Cabean Asri Desa Kalipecabean, Sabtu (9/7/2022). Sebanyak 3 ekor sapi sumbangan dari Smamda dan satu ekor sapi dari takmir Masjid Baitul Ukhuwah serta seekor kambing disembelih untuk kurban dan dibagikan ke masyarakat sekitar.

Waka Siswa Smamda Sidoarjo Ernam didampingi Kepala Sekolah Smamda Ny Wigatiningsih menjelaskan, tahun ini Smamda Sidoarjo mengumpulkan 9 sapi untuk kurban,” katanya. 

Sapi sebanyak itu, sambung dia, diperoleh dari sumbangan siswa Smamda dan para guru serta wali murid yang berkurban secara khusus, yaitu satu sapi patungan tujuh orang. “Alhamdulillah tahun ini meski ada wabah PMK kita tetap rutin melaksanakan kurban, ” tambahnya. Semua hewan kurban yang akan disembelih sudah mendapat sertifikat sehat dari Dinas Peternakan, karena sapi yang akan disembelih diperiksa oleh Dinas Peternakan serta juga oleh dokter hewan yang juga tenaga pendidik di Smamda Sidoarjo. "Jadi daging kurban yang kita bagikan ke warga dijamin aman bagi kesehatan," paparnya.

Dari 9 ekor sapi itu, dia menjelaskan, disembelih di dua lokasi, yakni 3 ekor sapi disembelih di Masjid Baitul Ukhuwah Perum Bumi Cabean Asri Desa Kalipecabean. Enam sapi di sekolah pada tanggal 10 Juli 2022, dagingnya dibagikan kepada masyarakat sekitar. “Seperti zakat fitrah, daging kurban juga dibagikan ke lingkungan sekitar Smamda. Ini sudah tradisi setiap tahun,” jelasnya.

Khusus untuk penyembelihan sapi kurban di Masjid Baitul Ukhuwah yang berada di dalam komplek Perumahan Bumi Cabean Asri, lanjut Ernam pihaknya melibatkan 50 siswa Smamda untuk terlibat langsung dalam memotong daging selanjutkan mendistribusikan ke warga perumahan bersama takmir masjid. "Tujuan kami melibatkan siswa kegiatan kurban ini agar mereka mengetahui dan bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk membagikan daging," paparnya. 

Para siswa dipimpin langsung Kepala Sekolah Smamda Ny Wigatiningsih sehari sebelumnya sudah menginap di sekitar masjid serta sholat idul adha di masjid Baitul Ukhuwah tanggal 9 Juli 2022 dan membantu memotong daging kurban untuk dibagikan ke warga. sg