SMAN I Sumenep, Peringati Pondok Ramadhan dan Pentas Seni

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Mar 2023 17:05 WIB

SMAN I Sumenep, Peringati Pondok Ramadhan dan Pentas Seni

i

Siswa-siswi SMAN I Sumenep, tengah mengikuti kegiatan Bahzul Masail tanya jawab seputar ilmu agama, di Aula SMAN I Sumenep. SP/Ainur Rahman

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Bulan Puasa Ramadhan 1444 Hijriyah, tahun 2023 disambut dengan sangat antusias oleh pelajar di lingkungan pendidikan di Kab. Sumenep.

Terutama bagi pelajar di SMAN I  Sumenep, semua siswa-siswi pelajar menyambut bulan Suci Ramadhan itu dengan penuh riang dan gembira.

Baca Juga: Pelapor Tanah Kas Desa di Sumenep, Janji Ungkap Kasus Lebih Besar dengan Pelaku Sama

Hal ini terlihat dari antusias mereka menggelar kegiatan lomba-lomba keagamaan seperti lomba pidato dan mengaji Al-qur'an,  dan kegiatan perlombaan tersebut dibuka  secara umum dikalangan pelajar  se- Kab. Sumenep.

Hal ini disampaikan oleh Wakasek, Kesiswaan SMAN I Sumenep, Drs. H. Moh. Hasan, M.Si, di ruang kerjanya kemarin.

Menurutnya, sebagai sarana pembinaan terhadap ilmu keagamaan, di Sekolah Menengah atas khususnya di SMAN I  Sumenep,  secara rutin setiap tahun menggelar kegiatan Pondok Ramadhan & Pentas Seni

"Kegiatan pondok Ramadhan itu berlangsung dari kelas X, XI, dan XII, mereka di kelompok-kelompokkan untuk menggelar kegiatan yang bernilai keagamaan, salah satu contohnya berdiskusi tentang Agama dan mengaji"

Selain itu juga, sekolah di SMAN I Sumenep, baru saja menggelar kegiatan Wisuda Tahfidz bagi anak-anak pelajar yang sudah menghafal Al-qur'an.

Baca Juga: Pemkab Sumenep Gelar Festival Led Lebaran Hari Ketupat 2024 di Pantai Lombang Sumenep

"Kemarin kita menggelar acara wisuda Tahfidz bagi siswa yang sudah menghafal Al-qur'an, kegiatan wisuda tersebut diikuti oleh 56 wisuda tahfidZ dari berbagai tingkatan pelajar di SMAN I Sumenep"

Ia juga menyampaikan, bahwa diantara pelajar di SMAN I Sumenep sudah ada yang menghafal Al-qur'an sampai 10 juz, ada yang 5 Juz ada juga yang hanya menghafal 2 Juz. Jelasnya

Dikatakan juga, di Sekolah SMAN I Sumenep, sekalipun pendidikan negeri, siswa juga ditekan untuk memperdalam ilmu pendidikan agama, makanya bagi semua siswa diwajibkan sebelum masuk kelas pendidikan formal wajib mengikuti kegiatan baca tulis huruf Alquran, (KBTH) Tegasnya

Jadi sambungnya, Siswa itu masuk ke sekolah, kurang lebih pukul 05.50 setelah itu mengikuti kegiatan baca tulis huruf Al-qur'an, baru setelah itu mendengarkan pembacaan Murattal di dalam kelas masing-masing, sebelum masuk kepada pelajaran formal sekolah.

Baca Juga: SMAN 3 Cetak Generasi Berakhlakul Karimah Melalui Pondok Ramadhan

"Kegiatan itu berlangsung setiap harinya, jadi sekalipun pendidikan formal negeri, kita tekankan nilai-nilai religius keagamaan bagi pelajar, tujuannya supaya imbang antara pendidikan agama dan umum"

Maka sambungnya, kegiatan Pondok Ramadhan itu dijadikan ajang sebagai lomba menebar kebaikan dan mempererat hubungan antar siswa pelajar khususnya di SMAN I sumenep.

"Kegiatan pondok Ramadhan itu boleh dikatakan fullday dari pagi sampai malam, jadi berbuka puasa dan tarawih bersama di sekolah termasuk tadarus bersama"

Dan hari ini terakhir, jadi siswa kembali mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) kembali mulai besok. Pungkasnya. AR

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU