SMP YPPI 1 Surabaya Adakan Pelatihan Batik Gedi, PKK Kapasan : Melatih Kesabaran dan Ketelatenan

Pelatihan Batik Gedi di SMP YPPI 1 Surabaya, Jum'at (30/9/2022). SP/Aksaradia.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Dalam memperingati Hari Batik pada tanggal 2 Oktober 2022 mendatang, SMP YPPI 1 Surabaya mengadakan pelatihan yang diikuti oleh PKK / KSK setempat. Pembuatan batik sendiri dibutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk pelatihan ini. Namun, Titris Hariyanti Utami selaku Kepala Sekolah SMP YPPI 1 ini mengaku bahwa butuhnya kesabaran, ketelatenan, serta kreativitas dalam pembuatan Batik Gedi ini.

“Mungkin tidak semua orang suka dengan proses apalagi yang canting itu kan lama, dari batiknya sendiri anak-anak itu belajar banyak hal, belajar bukan hanya budaya, tetapi juga kesabaran, ketelatenan,” kata Kepala SMP YPPI 1 Surabaya tersebut.

Suci, warga asal RW 1 Kapasan ini mengikuti pelatihan pembuatan Batik Gedi di SMP YPPI 1. Ia mengaku bahwa memang butuh kesabaran dan ketelatenan dalam membuat batik ini sendiri.

“Kita biasanya gak pernah buat batik ya, dan kita gak tahu caranya dan prosesnya,” ucapnya.

Ia mengaku bahwa proses dalam membatik sangatnya rumit, karena terkendala dalam menggunakan canting.

“Prosesnya tadi njelimet, kita dilatih kesabaran dan ketelatenan dalam prosesnya, penuh perasaan juga, kalau tidak pakai perasaan, jadinya ya lilinnya netes-netes,” tuturnya sambil menunjukkan beberapa tetesan lilin yang tidak sesuai. aks