SMPN 3 Lamongan Punya Kantin Sehat, Inovasi Ini Bisa Jadi Referensi Sekolah Lainnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 27 Sep 2022 15:13 WIB

SMPN 3 Lamongan Punya Kantin Sehat, Inovasi Ini Bisa Jadi Referensi Sekolah Lainnya

i

Bupati Lamongan saat mencicipi makanan sehat karya siswa SMPN 3 Lamongan. SP/Muhajirin Kasrun.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - SMPN 3 Lamongan cetuskan inovasi baru dalam hal makanan untuk siswanya dengan mendirikan kantin sehat dengan prinsip 5P, dan bupati sebut ini inovasi luar biasa dan bisa menjadi refrensi sekolah lain untuk menyediakan makanan sehat bagi peserta didik.
 
Kantin sehat pada kegiatan Business Day dengan menerapkan prinsip 5P yakni makanan yang ditawarkan harus bebas dari pengawet, pewarna, penyedap, pemanis, dan juga pengenyal tersebut, Selasa (27/9/2022) diresmikan operasionalnya oleh bupati Yuhronur Efendi.
 
“Saya hadir karena melihat ini sesuatu yang inovatif, tentu ini juga menjadi referensi bagi sekolah-sekolah lain supaya bisa melaksanakan kegiatan seperti ini, business day, adiwiyata, termasuk kantin sehat," kata bupati dalam sambutanya. 
 
 
Disebutkan olehnya, kantin sehat ini memiliki prinsip bebas 5P tentu menjadi standar paling utama kantin, menjadi kantin yang sehat dan bebas bahan kimia.
 
Selain prinsip bebas 5P, kebersihan dan kesehatan makanan serta lingkungan kantin yang harus dijaga, berdasarkan SOP (Standar Operasional Prosedur) kantin sehat tidak boleh menggunakan peralatan makanan dan minuman sekali pakai. Untuk bahan pembungkus makanan juga menggunakan pembungkus makanan yang ramah lingkungan seperti kertas dan daun.
 
Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan business day hasil karya siswa proyek penguatan profil pelajar pancasila. Pak Yes juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai esensi dari kurikulum merdeka belajar yang mengenalkan literasi kuliner pada anak didik, sehingga lebih banyak wawasan yang diperoleh.
 
“Ini sangat luar biasa, kegiatan bussines day ini mengenalkan sejak dini pada anak-anak berwirausaha, menanamkan virus-virus kewirausahaan pada anak-anak, karena inilah sesungguhnya esensi merdeka belajar. Anak didik harus diperkaya dengan berbagai wawasan dan literasi,” tambah bupati.
 
Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Lamongan Hanafi A. Talib mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk konsekuensi dan konsistensi SMP Negeri 3 Lamongan sebagai juara 2 lomba kantin dan jajanan sehat se-Jawa Timur. “Kegiatan ini kami lakukan sebagai konsekuensi dari diraihnya juara 2 oleh SMP Negeri 3 Lamongan di Jawa Timur, pada lomba kantin dan jajanan sehat se-Jawa Timur,” ujar Hanafi. jir

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU