Home / Pemerintahan : Ini 3 Nama Usulan Calon Pj Gubernur Jatim

Soal Pj Gubernur Jatim, DPRD Jatim Lebih Pilih Adhy Karyono Ketimbang Toni Harmanto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Nov 2023 21:23 WIB

Soal Pj Gubernur Jatim, DPRD Jatim Lebih Pilih Adhy Karyono Ketimbang Toni Harmanto

i

Wakil ketua DPRD Jatim Ahmad Iskandar yang bertindak pimpinan Sidang Paripurna membacakan usulan Calon Penjabat Gubernur Jatim, ditemani Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil Dardak. (Foto: SP/Riko)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - DPRD Jawa Timur resmi mengusulkan tiga nama bakal calon Penjabat (Pj) Gubernur penganti Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Dardak. Tiga nama itu adalah Adhy Karyono Sekdaprov Jatim, Prof Dr Adi Suryanto Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dan Inspektur Kemendagri Komjen Pol Drs Tomsi Tohir Balaw Msi. Dan tak ada nama Toni Harmanto, seperti yang pernah diusulkan Fraksi Partai Gerindra.
Usulan tersebut disampaikan fraksi-fraksi dan setujui dalam Sidang Paripurna, Kamis (30/11/2023) yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Jatim Ahmad Iskandar, Wakil Ketua Anik Maslachah dan Ketua DPRD Jatim Kusnadi serta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa - Wakil Gubernur Emil E Dardak.
Pimpinan Sidang Paripurna, Achmad Iskandar menyebutkan, DPRD Jawa Timur telah menyampaikan rapat paripurna pemberhentian Gubernur Jawa Timur yang masa akhir jabatannya selesai tanggal 31 Desember 2023.
“Kita telah melakukan sidang paripurna membahas pemberhentian gubernur 31 Desember mendatang,” kata Achmad Iskandar.
Politisi Partai Demokrat menyebutkan tiga bakal calon penjabat Gubernur Jatim dianggap memenuhui syarat sebagai Pj gubernur. Yaitu pejabat tinggi madya atau Eselon I. “Ketiga nama usulan ini disampaikan ke Kemendagri,” kata Achmad Iskandar.
Mantan pejabat Pemprov Jawa Timur ini, menyampaikan bahwa diharapkan penjabat yang dimaksud bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Melalui keputusan nomor 1.2.1.3/0/KTPS-DPRD/050/2023 tentang Usulan Penjabat Gubernur Jawa Timur.
Disampaikan tiga nama ini, mengakhiri teka teki siapa yang bakal duduk sebagai penjabat (Pj) Gubernur Jatim.
Sebelumnya fraksi-fraksi DPRD Jawa Timur mengusulkan beberapa nama. Meski penentu siapa Pj yang akan ditunjuk menjadi kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendegri). Selain itu Pemerintah Pusat juga berhak mengusulkan sendiri 3 nama berbeda dari usulan DPRD Jatim.

Baca Juga: Pemilu 2024 Berhasil di Jatim, Pj Gubernur Adhy Karyono Sebut Empat Indikator

Demokrat Usul Satu Nama
Ada beragam usulan yang disampaikan Fraksi-Fraksi di DPRD Jawa Timur. Usulan tersebut resmi ditanda tangani pimpinan Fraksi. Nama Sekdaprov Jatim Adhy Karyono menjadi satu-satunya nama yang diusulkan Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim sebagai Bakal Calon Pj Gubernur Jatim pada Sidang Paripurna penetapan nama nama calon Pj Gubernur Jatim yang akan menggantikan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak yang akan lengser pada akhir tahun 2023 ini.
"Fraksi Demokrat mengusulkan satu nama untuk Pj Gubernur yaitu Adhy Karyono," ungkap Reno Zulkarnaen, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim, Kamis (30/11/2023).
Reno Zulkarnaen mengatakan alasan kenapa fraksinya hanya mengusulkan nama Adhy Karyono, karena Sekdaprov Jatim ini dinilai memenuhi syarat kepangkatan sebagai eselon I atau JPT Madya. Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023. "Secara kepangkatan beliau (Adhy Karyono) memenuhi syarat," tambahnya.
Politikus yang juga Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim ini menegaskan apapun Pj Gubernur Jatim nantinya harus diisi oleh sosok yang kompeten dan mumpuni. "Untuk mengelola Provinsi sebesar Jatim, Harus diisi oleh orang yang kompeten dan mumpuni. Saya rasa Pak Adhy Karyono yang paling tepat untuk melanjutkan cita-cita pembangunan di Jatim dan sosok yang bisa menterjemahkan pokok dan ide Khofifah Emil untuk kesejahteraan masyarakat Jatim," tandasnya.
Sementara itu, Fraksi PKB yang awalnya tidak mengusulkan nama, last minutes akhirnya mengirim usulan nama. FPKB mengusulkan Sekdaprov Adhy Karyono. Sama seperti usulan dari Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi PPP dan Fraksi PAN.
Sedangkan Fraksi PDI-P mengusulkan dua nama. Yakni Adhy Karyono dan Adi Suryanto. Fraksi Gerindra juga mengusulkan dua nama. Salah satunya Adalah Komjen Pol Drs Tomsi Tohir Balaw Msi yang kini menjadi pejabat di Kemendagri. Padahal, awalnya, Fraksi Gerindra sempat menimbang nama Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Toni Harmanto. Namun karena sesuai persyaratan, belum menduduki JPT Madya, maka Fraksi Gerindra mengusulkan nama lain. Namun tetap sama-sama dari tokoh berlatar Polisi RI.
“Apalagi kita tahu 2021-2022 baru saja menghadapi Covid-19 dan saat ini masih pemulihan ekonomi. Dan pesta ini harus betul-betul dijadikan potensi ekonomi, perputaran uang harus maksimal di Jatim, maka perlu dijaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas," ujar Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim M Fawait atau biasa disapa Gus Fawait. rko/rmc

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Dorong Seluruh Stakeholder Wujudkan Universal Coverage Pekerja di Jawa Timur

Editor : Raditya Mohammer Khadaffi

BERITA TERBARU