Sofyan Djalil Makan-makan, Lutfi Curhat

Proses serah terima jabatan (Sertijab) Menteri ATR/Kepala BPN dari Sofyan Djalil ke Hadi Tjahjano dan Sertijab Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN dari Surya Tjandra ke Raja Juli Antoni di Gedung Kementerian ATR/BPN, Jakarta

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Apa kegiatan dua menteri yang kena reshuffle Presiden Jokowi, Rabu kemarin (15/6/2022). Mantan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Jalil, ajak staf-staf inti makan siang Mie Aceh. Beda mantan Menag Muhammad Lutffi, menjelang akhir masa jabatannya, dihujat publik.

Lutfi berbulan-bulan berhadapan dengan gejolak harga hingga kelangkaan minyak goreng yang menimbulkan antrean panjang di beberapa wilayah Indonesia.

Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, kemana Lutfi setelah tak lagi menjabat Mendag? "Balik dagang," kata Lutfi seperti dikutip dari laman detik.com, Rabu (15/06/2022).

Posisi Lutfi terguncang, karena anak buahnya, yakni Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana ditetapkan sebagai suap pemberian izin penerbitan ekspor (PE) minyak sawit mentah/Crude Palm Oil (CPO).

"Saya kalau lapor bos di rumah itu. Saya ini sudah kayak keset. Sudah dinjek-injek sama semua orang. Tapi ya itu risiko jabatan saya, sesuatu yang harus saya terima," curhat Lutfi dalam akun Instagramnya, Rabu (15/6/2022).

 

Makan Siang Mie Aceh

Sementara Staf Khusus Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Teuku Taufiqulhadi, malah menceritakan momentum makan siang bersama Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Jalil, saat di Istana ada pelantikan menteri.

Kata Teuku, para Eselon I dan Staf Menteri ATR/BPN diajak Sofyan Djalil, makan mie aceh. “Makan siang aja. Karena Pak Sofyan Jalil ini orang Aceh, maka kita makan Mie Aceh. Saya juga ikut makan Mie Aceh,” katanya kepada wartawan di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta Selatan, Rabu (15/6/2022).

Selain makan siang bersama, dia mengatakan bahwa aktivitas tersebut juga diisi dengan obrolan ringan. Menteri Sofyan Jalil, kata dia, juga berpesan kepada jajarannya.

“Pesannya adalah menurut beliau, pak Hadi ini kan orang yang sangat berjasa. Kenapa sangat penting, karena beliau ini orang dibalik bagaimana mengamankan Pak Jokowi,” katanya.

Taufiq menambahkan Panglima TNI Marsekal purnawirawan Hadi Tjahjanto juga orang yang cocok menggantikan Sofyan Jalil karena banyak terlibat di pemerintahan, seperti masalah Covid-19.

Selain itu, kata dia, Hadi dinilai kompeten dan memahami permasalahan, sehingga dipilih Presiden Jokowi menjadi Menteri ATR/Kepala BPN.

“Jadi dia mengatakan bahwa berikutnya adalah tetap saja dipertahankan dan pasti Pak Hadi akan mendukungnya. Karena beliau ini adalah orang yang commited terhadap pemerintahan Pak Jokowi untuk menjadi lebih baik,” tuturnya.

Usai pelantikan, Rabu sore, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Jalil telah melakukan serah terima jabatan (sertijab) kepada Hadi Tjahjanto. Dan sertijab Wamen ATR/BPN Surya Tjandra ke Wamen ATR/BPN yang baru Raja Juli Antoni.

Terlihat, sekitar pukul 18:00 WIB, sertijab sudah dilakukan di Gedung Kementerian ATR/BPN. Dengan masih mengenakan jas lengkap saat pelantikan, baik Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto bersama Wamen Raja Juli Antoni, sama-sama menerima laporan simbolis dari Sofyan Djalil. n erc/jk