Sosok Bayi Perempuan Dalam Ransel Ditemukan Warga di Depan Toko

Bayi saat mendapat perawatan di puskesmas. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Warga sekitar Jalan Ciliwung Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Senin (8/11) pagi pukul 06.30 digegerkan temuan sebuah ransel hitam di depan sebuah Toko Bangunan. Ketika dibuka oleh warga setempat ternyata berisi bayi perempuan lengkap dengan ari ari (tali pusarnya) yang hanya dibungkus selembar kain hijau, sebuah botol kecil berisi susu  kain dan handuk kecil biru. 

Kejadian temuan bayi yang tak berdosa itu langsung dibawa ke Puskesmas Kel Tanggung yang tak jauh dari TKP, dan dilaporkan ke Polres Blitar Kota.

Peristiwa temuan bayi perempuan dibenarkan Kapolsek Kepanjen Kidul AKP Lahuri lewat Kasi Humas Polres Blitar Kota Iptu Ahmad Rokhan SH, menurutnya kini masih didalami atas kejadian temuan bayi tersebut oleh Polsek Kepanjen Kidul koordinasi dengan Unit Reskrim dan pihak Kelurahan Tanggung.

Peristiwa itu sendiri terjadi  Senin (08/11) sekitar pukul 06.30 Wib oleh penjaga toko, temuan itu disampaikan anggota Kodim 0808 Blitar yang akan berangkat dinas,  adanya temuan bayi di teras toko baja ringan Aneka Jaya Jl Ciliwung No. 171 B Kel Tanggung Kec Kepanjenkidul Kota Blitar langsung dilaporkan ke Polres Blitar, yang sebelumnya dilarikan ke Puskesmas Kel Tanggung yang tidak jauh dengan TKP penemuan bayi.

 

"Ketika Joko Lianto (32) karyawan toko baja ringan itu mau membuka toko saksi ini melihat ada ransel yang bergerak gerak, karena takut Joko memanggil Mujib anggota Kodim 0808 Blitar yang kebetulan akan berdinas dan melewati  depan toko, setelah kedua saksi ini melihat ada sosok bayi, langsung menghubungi Puskesmas yang tak jauh dari TKP, selanjutnya bayi dievakuasi ke puskesmas dan menghubungi Polres Blitar Kota, terang Iptu Rokhan pada wartawan.

Kini kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihak Polsek Kepanjen Kidul bersama Unit Reskrim, dari temuan itu petugas mengamankan barang bukti berupa, tas ransel warna hitam (digunakan untuk tempat bayi), handuk kecil warna biru, dot bayi kecil dan selembar kain warna hijau muda yang digunakan untuk membungkus bayi.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Petugas Medis Puskesmas Kec. Kepanjenkidul Kota Blitar, diperoleh keterangan bahwa jenis bayi perempuan, dan tali pusar bayi masih belum dipotong juga plasenta masih tersambung tali pusar setelah di timbang berat badan bayi 1.8 Kg dengan panjang bayi 47 cm.

"Sementara hasil prediksi kelahiran bayi sekitar 6 jam yang lalu, sebelum dibuang, untuk kondisi bayi stabil dan sehat, kini dalam perawatan di Puskesmas Kec. Kepanjenkidul Kota Blitar, untuk menjaga keselamatan bayinya," pungkas Iptu Rokhan. Les