Stabilkan Harga, Pemkab Lamongan Gelar Pasar Murah dan Bagi Sembako

Bupati saat membagi sejumlah uang ke anak-anak. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Pemkab Lamongan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), terus berupaya menstabilkan harga kebutuhan sembako, salah satunya dengan menggelar pasar murah dan membagikan sembako kepada masyarakat, dengan kegiatan yang dibalut Safari Ramadhan.

Pasar murah dan bagi sembako untuk kali ketiga sepanjang bulan ramadhan ini, digelar di halaman Masjid At-Taqwa Desa Lohgung Kecamatan Brondong. "Kami berkeinginan untuk dapat membantu mencukupi kebutuhan masyarakat akan bahan pokok di Bulan Ramadhan ini, dan ikut menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok," kata bupati Yuhronur Efendi. 

Diungkapkan oleh salah satu warga setempat, Zulaikha (58) bahwa adanya pasar murah dan pembagian sembako ini sangat membantu dirinya. Pasalnya, minyak yang harganya cukup mahal jika dibeli di pasar atau toko biasa, pada pasar murah tersebut dapat diperoleh dengan harga yang murah.

"Sebelumnya belum ada kegiatan seperti ini, ya baru ini. Namanya saya orang yang tidak punya ya, saya sangat senang karena minyak di toko sekarang sudah mahal. Nah ini minyak 2 liter gula 2 kg dan mie instan 4, harganya hanya Rp 60 ribu. Ya alhamdulillah ini masih bisa beli dan dapat harga yang murah," terang Zulaikha.

Selain bisa mendapatkan beberapa bahan pokok dengan harga murah, ditambahkan Zulaikha dirinya juga memperoleh sembako secara gratis. "Ini minyaknya beli kupon, tadi ada beras juga 5 kg harganya Rp 35 ribu, tapi saya sudah tidak kebagian, cuma alhamdulillah masih bisa dapat minyak. Kalau yang sembako ini kami diberi," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, sejumlah kurang lebih 200 paket sembako disediakan oleh Pemkab Lamongan untuk masyarakat sekitar Desa Lohgung. Tidak hanya itu, pada kegiatan tersebut juga pemerintah melakukan jemput bola mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga melakukan vaksinasi booster.

Menurutnya, hadirnya pemerintah di tengah masyarakat seperti ini selain untuk melakukan silaturahmi, memastikan kebutuhan masyarakat tercukupi, juga untuk memberikan rasa tentram dan aman pada masyarakat. Beliau juga mengajak untuk bersama-sama bangkit pasca pandemi.

"Selain silaturahmi, saya juga menyampaikan mari kita bersemangat kembali untuk bangkit dalam segala hal. Pandemi semakin melandai, tetap patuhi protokol kesehatan, mari vaksinasi booster," ajaknya. 

Ia berharap dalam kegiatan safari Ramadhan ini membawa manfaat kepada masyarakat, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Desa Lohgung khususnya, semoga ikhtiar kita mampu mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan. jir