Star of the Match, Granit Xhaka Isyaratkan Cabut dari Arsenal

Granit Xhaka. SP/ UEFA

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Di tengah maraknya Piala Eropa 2020, gelandang Arsenal, Granit Xhaka justru dikabarkan akan cabut dari Emirates Stadium di tengah kabar adanya ketertarikan dari AS Roma. Xhaka sudah membela Arsenal selama lima tahun terakhir. Ia mengalami pasang surut di klub tersebut.

Saat ini Xhaka masih terikat kontrak dengan Arsenal sampai tahun 2023. Namun sepertinya ia bisa cabut dari Emirates Stadium pada musim panas ini. Saat ini Xhaka sedang bertugas bersama Swiss di Euro 2020. Ia akan menjalani laga lawan Prancis di Italia.

AS Roma sebelumnya disebut sudah melepas penawaran sebesar 13 juta pound pada Arsenal untuk memboyong Granit Xhaka namun berujung penolakan. Roma tampaknya tak bakal menyerah dan akan melayangkan tawaran lainnya.

Selain itu, baru-baru ini Granit Xhaka tampil sensasional saat Swiss berhasil menyingkirkan juara dunia Perancis di babak 16 besar Euro 2020, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB. Dalam laga tersebut, kapten Swiss Granit Xhaka juga terpilih menjadi pemain terbaik dan dinobatkan sebagai "Star of the Match".

Xhaka dan kawan-kawan menumbangkan tim juara dunia Prancis sekaligus lolos ke perempat final Euro 2020 dan membuat sejarah bagi Swiss. "Luar biasa sekali. Kami mencetak sejarah hari ini, kami semua bangga," kata Xhaka, Selasa (29/6/2021).

"Kami sudah menuliskan sejarah dalam bangsa sepak bola ini. Kini, kami siap menghadapi Spanyol dalam perempat final," sambung dia.

Xhaka yang membuat Mario Gavranovic menciptakan gol ketiga Swiss yang membawa mereka ke adu penalti untuk kemudian mereka menangi itu, dinilai sebagai pemain paling penting yang mengantarkan Swiss ke perempat final Euro 2020.

Tak hanya itu, dari segi permainan pun Xhaka terpantau yang paling konsisten sepanjang 90 menit plus 2x15 menit tersebut. Sapuan-sapuan bersih yang dilancarkan bagi lini tengah maupun serang Prancis menyelamatkan gawang Swiss kebobolan lebih banyak.

Selanjutnya, Timnas Swiss akan berhadapan dengan Timnas Spanyol di Krestovsky Stadium, Rusia pada Jumat 2 Juli 2021 mendatang. Laga ini menjadi spesial bagi Swiss karena menjadi perempat final pertamanya sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di Piala Eropa. Dsy12