Stefano Pioli Yakin AC Milan Bisa Melangkah Lebih Jauh di Liga Champions

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Mar 2023 13:17 WIB

Stefano Pioli Yakin AC Milan Bisa Melangkah Lebih Jauh di Liga Champions

i

Pelatih AC Milan Stefano Pioli. Foto: UEFA.

SURABAYAPAGI.COM, London – Pelatih AC Milan Stefano Pioli sukses mengantar AC Milan lolos ke babak perempat final Liga Champions 2022/2023. Hasil itu didapat usai Milan menang agregat 1-0 atas Tottenham Hotspur dalam pertandingan fase 16 besar yang digelar di stadion Tottenham Hotspur pada Kamis (9/3/2023).

AC Milan baru saja bermain imbang 0-0 kontra Tottenham Hotspur 0-0 di leg II 16 besar Liga Champions 2022-2023. Dengan hasil imbang tersebut, Rossoneri berhak melaju ke perempatfinal.

Baca Juga: Performa Memburuk, Hugo Lloris Akan Tinggalkan Tottenham

Mereka unggul agregat 1-0 atas Tottenham Hotpsur. Sebab di laga pertama, yang berlangsung di San Siro, AC Milan menang 1-0 atas tim asuhan Antonio Conte tersebut.

Kesuksesan itu menandai akhir penantian AC Milan untuk lolos ke babak 8 besar Liga Champions. Seperti diketahui, sang raksasa Serie A sudah 11 tahun tak berkiprah di perempat final. Mereka terakhir kali meraih pencapaian serupa pada tahun 2012 silam.

Stefano Pioli bersorak antusias tepat setelah wasit laga Tottenham vs Milan meniupkan peluit panjang. Ia menilai AC Milan memang layak tembus ke perempat final Liga Champions. Eks manajer Inter Milan itu pun menyiratkan dirinya puas dengan cara bermain Rossoneri di dua leg pertandingan 16 besar.

"Kami tidak pernah menyerah dan ini adalah perjalanan yang layak untuk lolos ke babak berikutnya. Kami berhak lolos dilihat dari cara kami bermain dalam dua leg(melawan Tottenham Hotspur),"  kata Pioli dikutip dari Football Italia, Jum’at (10/3/2023).

Usai laga, ia tak ragu mengungkapkan mimpi timnya bisa kembali berjaya di kompetisi paling bergengsi Benua Eropa itu.

"Kami melakukannya dengan baik. Tim pelatih meminta tim bermain dengan karakter dan kami bisa menguasai bola pada paruh pertama," ujarnya.

Ia mengakui bahwa jalan Rossoneri di kompetisi Liga Champions tidaklah mudah. Milan akan menghadapi tim-tim yang lebih berat untuk jadi juara.

Kendati demikian, Pioli adalah seseorang yang optimistis. Ia tetap bermimpi AC Milan bisa melaju ke fase lebih baik lagi. Baginya, tidak ada yang tak mungkin di olahraga meskipun itu kompetisi sekelas Liga Champions. Sehingga tak salah jika Milan bermimpi juara kompetisi tertinggi Eropa itu.

"Sangat penting untuk lolos dari fase grup, kemudian babak 16 besar, dan sekarang kami akan menunggu hasil undian [perempat final]," tuturnya.

Baca Juga: AC Milan Pesta Megah, Zlatan Ibrahimovic Resmi Hengkang 30 Juni Mendatang

Ia pun berharap para pemain AC Milan dapat terus mempertahankan kepercayaan diri saat melaju ke fase berikutnya.

“Saya berpikir bahwa tidak ada yang mustahil di olahraga. Jelas, hanya yang terbaik di Eropa yang tersisa, dan setiap putaran menjadi lebih sulit, tetapi saya yakin bahwa semua pengalaman di Eropa terutama yang negatif membantu kami meningkatkan level. Sekarang kami harus melaju ke perempat final dengan keyakinan dan kepercayaan diri," terangnya.

Lebih lanjut, Pioli menambahkan, keberhasilan ini amat berarti bagi AC Milan dan Stefano Pioli. Pelatih berusia 57 tahun menyebut lolos ke babak selanjutnya seperti bermimpi.

"Sangat luar biasa bermain bermain di Liga Champions, memuaskan dan penting bagi Milan. Jadi, apakah kami memenangkannya, itu tidak akan mudah atau mencoba lolos (musim depan) dengan finis di posisi empat besar di Serie A," ucapnya.

Menurutnya, bermimpi membantu dirinya dan timnya untuk bisa melaju sejauh ini. Setelah melewati babak 16 besar, Pioli menggantungkan mimpi yang baru.

Baca Juga: Amankan Tiket Liga Champions, AC Milan Bungkam Juventus 1-0

“Kami tentu akan dipasangkan dengan lawan yang luar biasa, tetapi Tottenham juga merupakan tim yang hebat. Bermimpi itu baik. (Namun) sekarang kami perlu fokus ke Serie A untuk memperbaiki sejumlah kesalahan,” tandasnya.

Ia juga berharap Rossoneri mampu berjalan selangkah demi selangkah dan mencatatkan peningkatan hasil dibanding musim lalu.

“Kita harus berjalan selangkah demi selangkah. Sangat penting bagi kami untuk melewati fase grup dan meraih peningkatan dibanding musim lalu. Sekarang, kami harus menunggu drawing dan melihat apa yang terjadi,” tuturnya.

Selain melaju ke perempat final, AC Milan sekarang menduduki peringkat kelima di Serie A, yang memiliki poin sama dengan AS Roma di posisi keempat

Sejauh ini, terdapat total empat tim termasuk AC Milan yang sudah lolos ke babak perempat final Liga Champions 2022/2023 di antaranya yakni AC Milan (Italia) Benfica (Portugal), Bayern Munchen (Jerman) dan Chelsea (Inggris). Sementara empat tim lainnya akan ditentukan pekan depan. ldn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU