Stok Darah Menipis, PMI Genjot Donor Darah di Hotel Ayola

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 07 Apr 2021 16:35 WIB

Stok Darah Menipis, PMI Genjot Donor Darah di Hotel Ayola

i

Donor darah CSR Ayola Peduli Sesama di Hotel Ayola Kota Mojokerto. SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Seminggu menjelang bulan puasa, Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Mojokerto gencar melakukan donor darah. Ini dilakukan untuk menjaga ketersedian darah tetap aman hingga lebaran.

Baca Juga: Stok PMI Mulai Menipis, Pj Ali Kuncoro Kerahkan Ratusan ASN Ikut Donor Darah Massal

Wakil Ketua II UDD PMI Kota Mojokerto, Amin Wachid mengatakan seperti pengalaman tahun sebelumnya saat puasa pendonor berkurang sekitar 10 hingga 20 persen. 

"Saat hari biasa UDD PMI Kota Mojokerto setiap bulan mendapatkan sekitar 1200 kantong, sedangkan saat puasa turun menjadi sekitar 900 hingga 1000 kantong darah," ujarnya ditemui saat acara donor darah CSR Ayola Peduli Sesama di Hotel Ayola, Kota Mojokerto, Rabu (7/4/2021) sore

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto ini menyebut, berkurangnya donor darah saat bulan Ramadhan karena kecenderungan masyarakat membatasi kegiatan saat puasa. Selain itu alasan masyarakat tidak donor saat puasa karena takut badannya lemas. 

"Stok darah menipis saat bulan Ramadhan, karena kegiatan donor darah massal berkurang saat puasa, orang yang rutin donor enggan berdonor saat puasa karena takut lemas dan lain-lain," cetusnya.

Amin menambahkan, dalam seminggu ini, pihaknya akan menggelar kegiatan donor darah terus menerus. Ini untuk mengejar target stok darah di awal puasa sebanyak 300 hingga 400 kantong.

"Kita usahakan awal puasa ini stok darah aman, nanti di pertengahan puasa kita genjot lagi giat donor darah. Karena biasanya awal puasa yang sepi pendonor, sedangkan pertengahan sudah mulai ada lagi," tukasnya.

Baca Juga: Kasus DBD Tinggi, Permintaan Trombosit Meningkat

Ia menambahkan, stok darah UDD PMI Kota Mojokerto sempat menipis seminggu lalu. Bahkan untuk golongan darah jenis O juga sempat mengalami kekosongan. 

"Minggu lalu hanya tersisa 100 kantong darah, bagi kita angka tersebut sangatlah minim. Itupun jenis golongan darahnya tak lengkap. Bahkan kita sampai hunting ke Jombang untuk memenuhi permintaan darah golongan O," ungkapnya.

Terpisah Humas UDD PMI Kota Mojokerto, Dimas Haryadi mengatakan Per hari ini 7 April 2021 pukul 16.00 WIB stok darah di UDD PMI Kota Mojokerto sebanyak 159 kantong. Itu tersedia untuk seluruh golongan darah, baik itu golongan darah A, B, O dan AB. 

"Stok kita paling banyak adalah Golongan darah O yakni 56 kantong, sedangkan yang paling sedikit Golongan darah AB sebanyak 22 kantong. Hari ini kita targetkan ada penambahan sebanyak 100 kantong lebih dari giat donor darah di Hotel Ayola dan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto," ujarnya. 

Baca Juga: Gagal Curi Motor, Dua Pemuda di Kota Mojokerto Diringkus Warga saat Sembunyi dari Kejaran Polisi

Sementara itu, HRM Ayola Sunrise, Nandar Sukandar menjelaskan, pihaknya memang menggandeng PMI Kota Mojokerto untuk giat donor darah CSR Ayola Peduli Sesama. Ia lalu mengundang beberapa instansi dan komunitas untuk ikut donor darah yang dibuka sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. 

Diantaranya yakni, Dinas Pemuda Dan Olahraga, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Dinas Ketenagakerjaan, Polresta, Polsek se Kota Mojokerto, TNI, perangkat warga RT/RW, Komunitas Gus Yuk Kota Mojokerto, hingga tamu hotel. 

"Ini langkah awal untuk stimulus jelang Ramadan, kita mengundang masyarakat Kota Mojokerto untuk peduli sesama. Terus donor darah ini akan rutin dilakukan pertiga bulan sekali nantinya," imbuhnya. Dwy

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU