Stok Plasma Konvalesen di Jatim Sangat Banyak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 20 Sep 2021 10:20 WIB

Stok Plasma Konvalesen di Jatim Sangat Banyak

i

Puncak Peringatan HUT PMI ke-76, di kantor Markas PMI Jawa Timur  (19/9/2021).SP/KOMINFO JATIM

SURABAYAPAGI, Surabaya -Ketua PMI Provinsi Jawa Timur, H Imam Utomo S, melaporkan  bahwa stok plasma konvalesen di Jawa Timur melimpah.“ Soal plasma konvalesen bahwa stok plasma di Jatim sangat banyak.Saat ini plasmanya disimpan di tempat PMI Kabupaten/kota masing-masing. Sedangkan permintaaan plasma sudah dalam posisi nol”, ujar H Imam Utomo S, dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PMI tahun 2021 sekaligus Puncak Peringatan HUT PMI ke-76, di kantor Markas PMI Jawa Timur  (19/9/2021).

Mantan Gubernur Jawa Timur dua periode itu juga melaporkan tiga hal penting, di antaranya penyediaan plasma konvalesen, rencana vaksinasi oleh PMI Pusat dan issu bencana alam yang mengarah pada tsunami di Pacitan, Jawa Timur.

Baca Juga: Wilayah Terdampak Banjir di Jatim Dapat Bantuan dari PMI Pusat

Pada kesempatan tersebut juga membahas kesiapan rencana vaksinasi Covid-19 yang akan diselenggarakan oleh PMI pusat yang bekerja sama dengan PMI Provinsi, saat ini dilaporkan bahwa rencana tersebut sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan di wilayah kabupaten/kota. 

“PMI kab/kota  sudah mendapat arahan dari Dinkes kab/kota. PMI Provinsi Jawa Timur tinggal menunggu datangnya vaksinasi. Sementara masyarakat Jawa Timur yang sudah menerima vaksinasi mencapai 40 persen” pesan Ketua PMI Jawa Timur H. Imam Utomo S,.

 Hal ketiga yang perlu disikapi yakni menyangkut ekspos BMKG tentang isu terjadinya bencana alam yang mengarah pada gelombang tsunami di Pacitan. Oleh sebab itu Ketua PMI Jawa Timur Imam Utomo meminta agar PMI Pusat segera mengisi gudang yang ada di Gresik. Beberapa yang diperlukan sebagai persiapan di antaranya baby kit, family kiy, kitchen set maupun matras. 

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Eri Resmikan Gedung Baru PMI

“Jika benar ekspos BMKG gelombang tsunami mencapai ketinggian 29 meter maka kabupaten Pacitan bakal tenggelam dan dampaknya sampai kabupaten/kota Blitar dan sekitarnya” ujar Imam Utomo. 

Oleh karena itu, PMI Jawa Timur telah melakukan langkah antisipatif dengan mengecek jalur evakuasi dan menyiapkan peralatan yang diperlukan apabila terjadi bencana.

Acara Mukernas PMI tahun 2021 secara nasional ini dibuka  resmi oleh Ketua Umum PMI Pusat, HM Jusuf Kalla, dengan diikuti oleh 34 PMI Provinsi se-Indonesia yang dilakukan secara daring (online). 

Baca Juga: Korban Banjir Bandang di Pasuruan Terima Bantuan dari PMI

Ketua PMI Jawa Timur, H Imam Utomo S, mengikuti jalannya acara tersebut bersama para pengurus, yaitu Wakil Ketua H. Soebagyo, SW, Sekretaris Edi Purwinarto, Ketua bidang pelayanan kesehatan dr. Harsono, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Edy Indrayana, Kepala Markas Dwi Suyanto (Wakil Sekretaris) dan Anggota Dewan Kehormatan M. Yamin Akhmat. 

Pada sesi sidang pleno pertama yang dipimpin Wakil Ketua Umun Ginanjar Kartasasmita dan Sekjen Soedirman Said, diisi dengan laporan masing masing PMI Provinsi. Ini untuk mendapatkan masukan di daerah-daerah, termasuk di antaranya evaluasi program kerja dan program PMI Provinsi ke depan.sb1/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU