Stok Plasma Konvalesen di Surabaya Kosong

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 18 Jun 2021 20:54 WIB

Stok Plasma Konvalesen di Surabaya Kosong

i

Permintaan stok plasma konvalesen yang tinggi sementara rendahnya pendonor membuat stok plasma konvalesen di PMI Surabaya kosong.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Stok plasma konvalesen di PMI Surabaya saat ini kosong. Meski demikian, permintaan plasma darah konvalesen masih saja terjadi.

“Hari ini saja, sudah masuk sekitar 100 permintaan plasma konvalesen dari masyarakat. Kami terus berupaya maksimal untuk pemenuhan plasma konvalesen ini. Antrian kemarin juga belum seluruhnya terpenuhi, dan hari ini sudah bertambah lagi permintaannya,” terang Triksi Hendria Kasi Humas PMI Surabaya, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga: Wilayah Terdampak Banjir di Jatim Dapat Bantuan dari PMI Pusat

Stok plasma konvalesen dari pendonor, kata dia, memang langsung kosong begitu sudah didistribusikan untuk memenuhi permintaan masyarakat. “Apalagi antrean setiap hari terus berdatangan dan bertambah. Kami tidak sempat mempersiapkan untuk menampung sementara sebagai stok. Langsung habis didistribusikan,” kata Triksi.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Eri Resmikan Gedung Baru PMI

Edy Soekotjo Koordinator Penyintas Covid-19 Jawa Timur membenarkan, kekosongan plasma konvalesen juga terjadi di beberapa kota lain. Sehingga permintaan masyarakat memang harus tertunda layanaanya.

Baca Juga: Korban Banjir Bandang di Pasuruan Terima Bantuan dari PMI

“Informasinya demikian. Karena itu, kami juga terus berupaya untuk mendapatkan penyintas Covid-19 yang bisa mendonorkan plasma konvalesen. Kondisi ini menyebabkan layanan permintaan dari masyarakat harus tertunda,” tutup Edy Soekotjo.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU