Stok Sedikit, Vaksinasi Dosis Kedua di Jatim Alami Keterlambatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 03 Agu 2021 09:46 WIB

Stok Sedikit, Vaksinasi Dosis Kedua di Jatim Alami Keterlambatan

i

Vaksinasi covid-19 dosis kedua di sejumlah daerah di Jawa Timur mengalami keterlambatan.SP/LP

SURABAYAPAGI, Surabaya - Vaksinasi covid-19 dosis kedua di sejumlah daerah di Jawa Timur mengalami keterlambatan. Hal ini terjadi dikarenakan jumlah vaksin COVID-19 yang datang dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) jauh lebih sedikit dibanding kebutuhan. 

Ketua Vaksinasi Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr. Herlin Ferliana menjelaskan, Satgas Covid-19 Jawa Timur terus berkoordinasi dengan Kemenkes terkait pemenuhan dosis vaksin di wilayah setempat.

Baca Juga: Jelang MPLS 2023, SMP Tenggilis Jaya Surabaya Hanya Punya 1 Siswa

"Karena vaksin ini hanya bisa didapat dari Kemenkes, maka kami terus koordinasi dengan Kemenkes untuk terus dikirim vaksin terutama untuk pemenuhan dosis kedua," kata dia, kemarin.

Herlin mengatakan, setiap ada distribusi vaksin ke Jatim, Satgas Covid-19 Jawa Timur akan langsung mengirimkan ke kabupaten/ kota untuk percepatan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Ratusan Anggota DPC PERADI Sidoarjo Antusias Ikuti Gelar Bakti Kesehatan Vaksinasi Covid-19

Satgas Covid-19 Jawa Timur mengimbau dinas kesehatan dan semua pelaksana vaksinasi memprioritaskan terlebih dahulu untuk sasaran dosis kedua. 

"Sedangkan untuk sasaran dosis pertama bersabar menunggu vaksin berikutnya yang Insya Allah bulan Agustus ini datang lebih banyak," kata Herlin.

Baca Juga: Vaksin Booster Covid-19 Kedua Harus Bayar Rp100 Ribu

Vaksinasi Jatim per 1 Agustus 2021 untuk dosis pertama sebanyak 7.630.509 orang. Sementara yang sudah mendapat dosis kedua baru 3.170.860 orang. Padahal, total sasaran vaksinasi Jatim mencapai 31.826.206 orang. Artinya capaian saat ini masih jauh dari target.sb1/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU