Stok Vaksin Covid-19 Indonesia Bertambah 1,5 Juta Dosis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 11 Jun 2021 13:45 WIB

Stok Vaksin Covid-19 Indonesia Bertambah 1,5 Juta Dosis

i

Pasokan vaksin COVID-19 bertambah, pada Kamis, 10 Juni 2021 bertambah 1,5 juta vaksin AstraZeneca SP/BR/Rusman.

SURABAYAPAGI, Surabaya – Stok Vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi nasional kembali bertambah. Dengan pesawat khusus yang membawa 1,5 juta dosis Vaksin AstraZeneca ini, mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis (10/6/2021) malam, sekitar pukul 22.00 WIB.

Kedatangan vaksin tahap ke-15 yang dikirim dari luar negeri kali ini merupakan hasil kerja sama multilateral Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) COVAX Facility.

Baca Juga: Ratusan Anggota DPC PERADI Sidoarjo Antusias Ikuti Gelar Bakti Kesehatan Vaksinasi Covid-19

Pengadaan vaksin melalui skema kerja sama GAVI, gratis tanpa pungutan biaya supaya ada pemerataan akses vaksin Covid-19 untuk negara miskin dan berkembang di berbagai belahan dunia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang menyambut kedatangan tambahan vaksin mengatakan, sampai sekarang Indonesia sudah menerima 8,2 juta dosis Vaksin AstraZeneca.

“Alhamdulillah, Indonesia kembali menerima Vaksin AstraZeneca melalui jalur multilateral COVAX facility sebanyak 1.504.800 dosis,” ujarnya.

Dengan tambahan kali ini, Indonesia tercatat sudah menerima 93,7 juta dosis vaksin berbagai merek, baik berbentuk vaksin jadi dan bahan baku.

Baca Juga: Vaksin Booster Covid-19 Kedua Harus Bayar Rp100 Ribu

Kalau sesuai rencana, siang hari ini Indonesia akan kembali kedatangan Vaksin Sinopharm untuk keperluan Program Vaksinasi Gotong Royong.

Sekadar informasi, pemerintah menetapkan empat merek vaksin yang bisa dipakai dalam program vaksinasi nasional, yaitu Sinovac, AstraZeneca, Pfizer dan Novavax.

Sedangkan untuk Program Vaksinasi Gotong Royong, vaksin yang dipakai antara lain merek Sinopharm, CanSino, Sputnik, dan Anhui.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Kedua Kota Mojokerto Terkendala Stok

Pada kesempatan itu, Menteri Luar Negeri menegaskan tiga merek vaksin yang dipakai di Indonesia sudah mendapat izin penggunaan darurat Emergency Use Listing dari WHO.

Retno bilang, semua vaksin yang dipakai di Indonesia sudah memenuhi persyaratan baik dari aspek keamanan, dan juga khasiatnya.

Sejauh ini, organisasi kesehatan dunia (WHO) sudah memberikan izin penggunaan darurat Vaksin Covid-19 merek Pfizer, Johnson and Johnson, Moderna, AstraZeneca, Sinopharm, dan Sinovac.sb/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU