Strategi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Teluk Bintuni

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 04 Des 2021 12:56 WIB

Strategi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Teluk Bintuni

i

Kementrian Desa Dan Percepatan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi secara serius mendorong upaya simultan proses penanggulangan Kemiskinan Ekstrem ke seluruh pelosok wilayah khususnya daerah-daerah pilot projek program tersebut.

SURABAYAPAGI.com, Bintuni - Kementrian Desa Dan Percepatan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi secara serius mendorong upaya simultan proses penanggulangan Kemiskinan Ekstrem ke seluruh pelosok wilayah khususnya daerah-daerah pilot projek program tersebut.

Secara Khusus, Direktur Penyerasian Pembangunan Sarana dan Prasarana (PPSP) Kemendesa PDTT, Ir. Sofyan Hanafi, M. Si beserta tim melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Teluk Bintuni.

Konsolidasi serta Koordinasi lintas sektor itu dilakukan dalam rangka proses penggalian dan validasi data keluarga penerima manfaat (KPM) dalam upaya penanggulangan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Teluk Bintuni.

"Kami beserta Tim dari Kemendesa PDTT saat ini memang sedang berada di Kabupaten Teluk Bintuni dalam rangka koordinasi dan konsolidasi teknis terkait Program Penanggulangan Kemiskinan Ektrem. Alhamdulillah Pemkab. Teluk Bintuni telah melakukan beberapa hal dalam rangka program tersebut," kata Sofyan Hanafi saat melakukan Kunjungan Kerja di dampingi Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Matret Kokop SH, di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni Jumat (3/12/2021).

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop menyatakan apresiasinya atas kunjungan Tim Kemendesa PDTT yang secara langsung melihat kondisi riil warga Teluk Bintuni serta proses pendataan KPM dalam kontek Program Penanganan Kemiskinan Ekstrem.

"Puji syukur Pemerintah Pusat dalam hal ini Tim Kemendesa PDTT telah berkenan turun lapangan dan melakukan pemantauan langsung ke lapangan terkait upaya Pemkab Teluk Bintuni dalam program penanganan kemiskinan ekstrem," kata Wabub Teluk Bintuni saat mendampingi Tim Kemendesa PDTT turun lapangan.

Kepala Bappeda Kabupaten Teluk Bintuni, Dr. Alimuddin, MM dalam paparan di rapat koordinasi menyampaikan terdapat 739 kepala keluarga penerima manfaat penanggulangan kemiskinan ekstrim yang tersebar pada 25 kampung di 5 distrik.

"Kelima distrik tersebut adalah distrik Fafurwar, Masyeta, Merdey, Moskona Utara dan Moskona Timur. Adapun data KPM penanggulangan kemiskinan ekstrim berasal dari data penerima BLT DD tahun 2021 dan data desil 1 DTKS," kata Alimudin saat paparan data kepada Tim Kemendesa PDTT.

Disisi lain, Kabupaten Teluk Bintuni berdasarkan data BPS, dalam jangka waktu tahun 2016 sampai tahun 2020 mampu mengurangi kemiskinan sebesar 4,78%.

Adapun beberapa hal yang mengidentifikasikan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Teluk Bintuni antara lain, rendahnya tingkat pendidikan kepala keluarga, lapangan pekerjaan yang terbatas sedangkan jumlah persentase penduduk dengan usia produktif tinggi, infrastruktur dasar belum memadai (belum memiliki listrik.

Selain itu BPS mencatat beberapa fasilitas publik lainnya yang belum ada antara lain, belum memiliki toilet, belum memiliki sumber air minum layak, serta keterbatasan informasi akan akses keuangan dan sumber pembiayaan modal.

Seperti diketahui Sofyan Hanafi, M. Si beserta tim melakukan kunjungan lapangan ke Distrik Merdey yang memiliki 952 jiwa penduduk yang termasuk ke dalam kategori kemiskinan ekstrim, yang terbagi ke dalam 151 kepala keluarga di 5 kampung.

Dalam kunjungan tersebut Sofyan menyampaikan bahwa penanggulangan kemiskinan ekstrim di Teluk Bintuni telah berjalan baik.

Sofyan bersama Tim Kemendesa melakukan kunjungan kerja ke Teluk Bintuni pada Kamis-Minggu (2-5 November 2021)

Sofyan menambahkan Kabupaten Teluk Bintuni tersebut diharapkan dapat mengatasi keadaan khusus dalam kontek kemiskinan ekstrem melalui pengembangan potensi desa dan penerapan program Dedi (Desa Digital) Dewi (Desa Wisata) dan Desi (Desa Sinergi). (yur/sis)

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU