Stres dan Rasa Cemas Berlebih Picu Asam Lambung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 25 Agu 2021 10:03 WIB

Stres dan Rasa Cemas Berlebih Picu Asam Lambung

i

Seseorang yang asam lambungnya tengan naik karena stres dan cemas berlebih. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Stres dan kecemasan berlebihan apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini selain berpengaruh pada kesehatan mental juga dapat menyebabkan asam lambung naik. Meski dianggap sepele, penyakit asam lambung bisa berbahaya apabila tidak ditangani dengan baik dan menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Orang-orang dengan asam lambung naik yang disebabkan cemas dan stres mengaku memiliki gejala yang lebih menyakitkan berkaitan dengan refluks asam, tetapi tidak ada yang menunjukkan peningkatan asam lambung. Dengan kata lain, meskipun secara konsisten mengaku merasa lebih tidak nyaman, para ilmuwan tidak menemukan adanya peningkatan total asam yang diproduksi. 

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Para peneliti berteori bahwa stres dapat menyebabkan perubahan pada otak yang memicu reseptor rasa sakit, membuat seseorang secara fisik lebih sensitif terhadap sedikit peningkatan kadar asam.

Stres juga dapat menguras produksi zat yang disebut prostaglandin, yang biasanya melindungi perut dari efek asam. Ini dapat meningkatkan persepsi seseorang tentang ketidaknyamanan.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Stres ditambah dengan kelelahan, dapat menyebabkan lebih banyak perubahan tubuh yang mengarah pada peningkatan asam lambung. Terlepas dari apa yang sebenarnya terjadi di otak dan tubuh, mereka yang mengalami gejala asam lambung naik biasanya mengetahui bahwa stres dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Itulah pentingnya menerapkan gaya hidup sehat. 

Oleh sebab itu mengenali penyakit asam lambung, serta mengelola stres bisa menjadi cara terbaik agar terhindar dari penyakit lambung.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Langkah untuk mencegah dan mengelola stress agar terhindar dari kambuhnya penyakit asam lambung, diantaranya; rutin olahraga dapat membantu merelaksasi otot dan hormone, hindari makanan pemicu asam lambung saat sedang stres, seperti cokelat, kopi, makanan pedas, asam, atau makanan berlemak, istirahat yang cukup, lakukan teknik relaksasi untuk mengurangi stress dan perbanyak tertawa dan carilah sumber kebahagiaan. Dsy10

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU