Studi: Kayu Manis Cegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 26 Jan 2023 20:20 WIB

Studi: Kayu Manis Cegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pengidap diabetes, baik tipe 1 dan tipe 2, harus berhati-hati terhadap lonjakan kadar gula darah sesaat setelah makan. Minuman tertentu tampak bisa membantu mengurangi dampak lonjakan glukosa darah tersebut.

Terapis gizi Orley Kutner menyarankan untuk mengonsumsi kayu manis. Menurut dia, kayu manis merupakan pemanis alami yang sangat dihargai sejak peradaban kuno.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Kayu manis berfungsi mengurangi lonjakan glukosa darah setelah makan dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang bagi pengidap diabetes tipe 2.

"Coba masukkan sebatang kayu manis ke dalam air mendidih dan minum rendamannya sebagai teh setelah makan," kata Kutner, dikutip Express, Rabu (25/1).

Klaim tersebut juga didukung oleh beberapa studi, seperti penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Science pada 2019. Para responden yang berjumlah 41 orang dewasa sehat dibagi menjadi tiga kelompok dan dipantau selama 40 hari.

Kelompok pertama diberi satu gram kayu manis sehari, kelompok dua diberi tiga gram sehari, dan kelompok ketiga diberi enam gram sehari. Mereka juga menjalani tes gula darah sebelum mengonsumsi kayu manis dan setelah makan.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi enam gram kayu manis sehari memiliki dampak signifikan. Secara khusus, tiga sampai enam gram konsumsi kayu manis memengaruhi pada pemeriksaan darah individu tertentu secara positif.

"Oleh karena itu, bisa dipertimbangkan untuk mengonsumsi kayu manis secara teratur," kata peneliti studi.

Studi terpisah yang diterbitkan dalam Diabetes Care pada 2003 melakukan eksperimen serupa. Para responden yang berjumlah 60 orang dengan diabetes tipe 2 dibagi secara acak menjadi enam kelompok.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Kelompok satu, dua, dan tiga masing-masing mengonsumsi satu, tiga dan enam gram kayu manis setiap hari. Sementara kelompok empat, lima, dan enam diberi kapsul plasebo selama 40 hari.

Hasil penelitian menunjukkan asupan satu, tiga, atau enam gram kayu manis per hari tebukti mengurangi glukosa serum, trigliserida, dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) pada orang dengan diabetes tipe 2. Di samping itu, kolesterol totalnya juga tampak turun.

"Mengonsumsi kayu manis dalam makanan pengidap diabetes 2 akan mengurangi faktor risiko yang terkait dengan diabetes dan penyakit kardiovaskular," ujar studi itu.hlt/jyu

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU