Studi: Semangkuk Buah Stroberi dan Bluberi Mampu Kurangi Risiko Demensia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Nov 2023 15:07 WIB

Studi: Semangkuk Buah Stroberi dan Bluberi Mampu Kurangi Risiko Demensia

i

Ilustrasi semangkuk buah stoberi dan bluberi untuk kesehatan tiap hari. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Mengutip studi yang dilakukan tim University of Cincinnati Amerika Serikat, bahwa mengkonsumsi semangkuk stroberi dan bluberi setiap hari mampu mengurangi risiko demensia bagi individu paruh baya.

Menurut Robert Krikorian peneliti dan Profesor Emeritus Departemen Psikiatri dan Biopsikologi Fakultas Kedokteran University of Cincinnati, hal tersebut lantaran, buah stroberi dan bluberi mengandung antioksidan bernama antosianin yang berdampak baik bagi kesehatan dan menunjang sistem metabolisme dan kognisi tubuh.

Baca Juga: Manfaat Jahe untuk Kesehatan

“Stroberi juga mengandung mikronutrisi bernama elagitanin dan asam elagik, senyawa bioaktif yang bermanfaat dalam pemulihan penyakit kardiovaskular, sindrom neurodegeneratif, dan kanker,” ungkapnya.

Baca Juga: Kartika Putri Unggah Wajah Penuh Lebam Melepuh, Warganet: Semoga Bisa Buat Introspeksi Diri

“Data epidemiologis menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi stroberi dan bluberi secara rutin memiliki tingkat penurunan kognisi yang lebih lambat seiring penuaan mereka,” jelasnya lagi, Kamis (16/11/2023).

Krikorian menduga dampak positif stroberi dalam mengurangi risiko demensia adalah karena kandungan buah tersebut yang dapat mengurangi inflamasi otak pada individu, khususnya yang berusia paruh baya dan memiliki lemak abdominal yang berlebih.

Baca Juga: Belasan Warga di Magetan Diduga Terjangkit DBD, Mayoritas Dirawat di Rumah

“Dengan demikian, dampak baik yang kita lihat dari penelitian itu mungkin terkait dengan teredamnya inflamasi pada peserta uji yang mengkonsumsi serbuk stroberi,” ucapnya. sb-05/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU