Sudah 39 Artis, Daftar Caleg 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 12 Mei 2023 21:17 WIB

Sudah 39 Artis, Daftar Caleg 2024

i

Beberapa artis dari PAN, seperti Pasha Ungu dan Uya Kuya, ikut bersama-sama mendaftar bacaleg di Gedung KPU Jakarta, Jumat (12/5/2023).

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Pemilihan umum (Pemilu) 2024 ini tampaknya masih diwarnai puluhan nama artis. Sampai Jumat (12/5/2023) artis yang terdaftar sebagai caleg sudah 39.

Sekjen PDIP Hasto Kristianto menyebut dari 14 nama artis yang diusung PDIP. Mereka terdiri Krisdayanti, Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, dan Nico Siahaan.

Baca Juga: KPU: Realisasi Anggaran Pemilu 2024 Capai Rp 40 Triliun

"Juga bergabung Once Mekel, Marsell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Deni Cagur, Tamara Geraldine, Sari Yok Koeswoyo, Lita Zen, Lucky Perdana, dan Andre Hehanussa," ujar Hasto di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Sementara artis yang maju caleg PAN diantaranya, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio, Desy Ratnasari, Primus Yustisio, Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu, Surya Utama alias Uya Kuya, Tom Liwafa, sampai Verrel Bramasta.

Selain, Intan Fauzi, Adelia Wilhelmina (Adelia Pasha), Putri Zulkifli Hasan, Zita Anjani, dan beberapa artis seperti Bebizie, Eksanti dan Selvi Isti Apriani (Selvi Kitty).

Selain PAN, Partai Demokrat memastikan ada sejumlah nama artis yang bakal maju menjadi calon legislatif (caleg) dari Demokrat pada Pemilu 2024 mendatang. Nama-nama itu biasa menghiasi dunia hiburan tanah air. Diantaranya Ingrid Kansil, Dina Lorenza, Emilia Contessa, Dede Yusuf dan Arumi Bachsin.

Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan bahwa caleg selebriti yang memiliki tingkat popularitas tinggi menjadi salah satu hal yang penting untuk mendulang suara partai. "Kami juga menyadari pentingnya merekrut caleg-caleg yang memiliki modal popularitas yang memadai, termasuk diantaranya para publik figur atau artis," kata Kamhar.

Kamhar menuturkan bahwa modal popularitas yang dimiliki para selebriti tanah air bisa menjadi pondasi untuk meningkatkan elektabilitas partai Demokrat. Namun, hal itu harus diolah dengan manajemen politik yang tepat.

"Dengan manajemen marketing politik yang tepat, popularitas ini mudah dikonversi menjadi elektabilitas. Karenanya para selebriti juga menjadi perhatian tersendiri dalam rekruitmen Caleg Partai Demokrat," ungkapnya.

Baca Juga: Sambut Hasil Rekapitulasi KPU, Pj Wali Kota Mojokerto Ajak Masyarakat Tetap Kondusif

Kendati demikian, kata dia, partai Demokrat memahami bahwa popularitas yang dimiliki oleh para selebriti tak selalu berdampak dengan elektabilitas.

Sedang artis yang menjadi bacaleg Partai NasDem ada yang berlatar belakang penyanyi, pemain sinetron, pemain film, hingga presenter.

“Choky Sitohang, Annisa Bahar, Reza Artamevia, Ali Syakieb, Didi Riyadi, Nafa Urbach, Diana Sastra, dan Ramzi,” kata Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya saat dikonfirmasi.

Golkar menjadi partai yang tak punya banyak caleg artis. Partai berlambang pohon beringin ini hanya punya empat caleg artis. "Cuma empat (saya, Nurul Arifin, Tetty Kadi dan Charles Bonar Sirait). Tiga pertama adalah incumbent yang maju lagi. Charles tidak bisa dikatakan artis sesungguhnya karena secara DNA dia adalah orang Golkar tulen," kata Wasekjen Golkar, Tantowi Yahya, Tantowi Yahya.

Baca Juga: Tim Hukum Ganjar-Mahfud, Heran Mendadak Saksi Fakta dan Ahlinya, Mundur

Tantowi mengatakan sebenarnya Golkar sudah melakukan pendekatan kepada beberapa artis. Namun, pada akhirnya, selain Charles, tak ada artis yang berlabuh di Golkar.

Sedang Caleg Partai Perindo terdiri, Kalina Oktarani, Venna Melinda, Dean Desvi, Lucky Perdana Hassel Wong, Fadlan Muhammad, Eko Mulyadi dan Mandala Shoji.

Sementara Partai Gerinda belum mengumumkan caleg artisnya, sebab akan mendaftarkan Bacaleg ke KPU, Sabtu, (13/5/2023).

Ketua DPP Harian Partai Gerinda Dasco, menyebut akan ada nama-nama baru dari Gerindra yang didaftarkan oleh pihaknya. Pendaftaran itu juga melibatkan mantan kader Hanura yang baru bergabung. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU