Sudah Dua Tahun, Ratusan Siswa SMPN 2 Puri Numpang Belajar di SDN

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 07 Okt 2021 10:48 WIB

Sudah Dua Tahun, Ratusan Siswa SMPN 2 Puri Numpang Belajar di SDN

i

Dua tahun pelajar SMP Negeri 2 Puri Mojokerto belajar tanpa memiliki gedung sekolah.   SP/Dwi Agus Susanti

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Refocusing anggaran COVID-19 di Kabupaten Mojokerto berdampak pada ratusan pelajar SMP Negeri 2 Puri, Kabupaten Mojokerto. Mereka terpaksa menumpang tempat belajar lantaran tak memiliki gedung sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Zainul Arif mengatakan sudah sejak dua tahun lalu para siswa menempati gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri Brayung, Kecamatan Puri. Ini lantaran gedung sekolahnya masih dalam tahap pembangunan.

Baca Juga: Gagal Curi Motor, Dua Pemuda di Kota Mojokerto Diringkus Warga saat Sembunyi dari Kejaran Polisi

"Sementara khusus untuk siswa siswi SMP Negeri 2 Puri ini menempati gedung SD karena gedung sekolah masih dalam proses pembangunan," ungkapnya.

Ia menyebut, dalam proses belajar mengajar, ratusan pelajar SMP Negeri 2 ini dibagi menjadi dua gelombang yakni pagi dan siang, ditambah minimnya fasilitas juga menjadi faktor proses pembelajaran kurang maksimal

Dia menjelaskan, awal mula pelajar SMP Negeri 2 Puri menempati gedung SD lantaran imbas dari adanya refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19 pada awal 2020.

Saat itu, Dinas pendidikan telah mengusulkan adanya pembangunan sekolah SMP Negeri di Kecamatan Puri, dan telah disetujui dengan anggaran Rp. 7 M. 

Baca Juga: Ratusan WBP Lapas Mojokerto Terima Remisi Khusus Idul Fitri

"Kita sudah menyediakan lahannya, dan kita usulkan pada 2020 sehingga kita memberanikan diri untuk membuka PPDB," jelasnya.

Namun di pertengahan 2020 di saat PPDB telah dibuka, pemerintah melakukan refocusing anggaran, sehingga terpaksa para pelajar yang telah mendaftarkan diri untuk sementara ditempatkan di gedung SD.

"Tapi Alhamdulillah di tahun 2021 ini kita sudah mendapatkan anggaran lebih banyak yakni 8,5 M untuk membangun kembali gedung SMP Negeri 2 Puri, dan InsyaAllah Desember sudah selesai dan awal bulan Januari bisa kita tempati," jelasnya.

Baca Juga: Dorong Daya Beli Masyarakat, Kejaksaan dan Pemkot Mojokerto Sinergi Gelar Bazar Sembako Murah

Dia menyebut, pembangunan SMP Negeri 2 Puri tak lepas dari animo masyarakat yang cukup tinggi, di lain sisi di Kecamatan Puri hanya memiliki 1 Sekolah SMP Negeri.

"Disamping memang animo masyarakat saat daftar di SMP Puri 1 terlalu tinggi, dan berbekal aspirasi masyarakat, sehingga pada 2020 kita merencanakan itu dan membuka PPDB," tegasnya. dwi

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU