Suhu Mendekati 0 Derajat Celcius, Ranupani Diselimuti Embun Salju

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 28 Jul 2022 14:31 WIB

Suhu Mendekati 0 Derajat Celcius, Ranupani Diselimuti Embun Salju

i

Ilustrasi fenomena embun salju atau frozen di Ranupani, Lumajang

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang – Hawa dingin tengah menyelimuti kawasan Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Suhu kawasan tersebut mendekati nol derajat celcius hingga akhirnya disebut fenomena frozen atau embun salju. Embun upas membeku akibat dinginnya suhu sekitar dapat terlihat di sana. Fenomena frozen tersebut terjadi hampir di setiap bulan Juli sampai September atau ketika masa bediding.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati mengatakan bahwa fenomena langka itu telah mencuri perhatian sejumlah wisatawan. Banyak di antara mereka sengaja menunggu fenomena itu terjadi dan mengabadikannya melalui foto.

Baca Juga: Perlombaan Tarik Tambang di Lumajang Diharapkan Mampu Dongkrak Perekonomian

"Fenomena langka itu telah mencuri perhatian sejumlah wisatawan dan mereka sengaja menunggu fenomena tersebut terjadi dan mengabadikannya melalui foto atau video," kata Yuli Harismawati di kabupaten setempat, Rabu (27/7/2022).

Yuli menambahkan jika ingin melihat embun salju tidak perlu jauh – jauh ke New Zealand namun cukup pergi ke Ranupani Lumajang.

 “Melihat tanaman tertutup embun salju tidak perlu jauh jauh ke New Zealand, pergi saja ke Ranupani Lumajang,” tambahnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas, Pemkab Lumajang Gelar Pelatihan Membatik

Yuli menjelaskan masyarakat yang akan melihat atau menikmati keindahan fenomena embun salju di Desa Ranupani dan sekitarnya bisa datang sebelum matahari terbit tepatnya pukul 05.00 WIB.

"Kalau ingin melihat tanaman tertutup embun salju tidak perlu jauh jauh ke New Zealand, wisatawan bisa datang ke Desa Ranupani di Kabupaten Lumajang," ujarnya.

Menurutnya, letak Ranunpai yang berada di ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut itu juga mempengaruhi fenomena alam tersebut, sehingga fenomena embun salju dapat dilihat di tanah datar, di sekitar Danau Ranupani maupun Ranu Regulo.

Baca Juga: Satresnarkoba Polres Lumajang Tangkap Pengedar Sabu, 86 gram Sabu Diamankan

"Bahkan embun salju juga menutupi tanaman di sekitar, sehingga nampak seperti salju yang sedang menyelimuti pinggiran di Desa Ranupani yang berada di kaki Gunung Semeru," katanya.

Hingga saat ini, jalur pendakian ke Gunung Semeru masih ditutup karena statusnya masih siaga atau level III sesuai dengan rekomendasi PVMBG . lm

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU