Sukses Bangun Bisnis Coklat Bernilai Seni

Salah satu produk dari Toko Coklat Silvia n’ Joe. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pasangan suami istri Zoelkifli dan Silvia membangun bisnis coklat berawal dari cokelat hadiah pemberian fans di hari Valentine. Saat itu Zoel yang berprofesi sebagai seorang penyiar radio yang cukup terkenal memang memiliki fans setia.

Selanjutnya, Silvia mencoba membuat coklat tersebut dan membawanya ke kantor Zoel, radio tempat dia bekerja. cokelat buatan istrinya tersebut sangat disukai oleh rekan-rekan kantornya dan banyak yang ingin membelinya.

Dalam mengembangkan usahanya tersebut, Zoel dan Silvia masih tetap bekerja di kantornya masing-masing. Mereka membuat dan memasarkan cokelat buatannya bersama-sama. Di hari Minggu, mereka berdua mempromosikan bisnis coklat dengan membuka stan bersama ratusan orang lain yang juga berdagang di stadion kota Malang.

Mereka membandrol harga cokelat praline-nya per satuan dan per paket mulai dari harga Rp 6.000 hingga Rp 70.000. Bagi Zoel, menentukan harga produk cokelatnya terasa cukup sulit, karena cokelat baginya adalah karya seni. Jadi, bukan sekedar hitung-hitungan masalah volume dan bahan bakunya.

Untuk tampilan produk cokelatnya sendiri, ada bervariasi. Pengaruh seni dari Silvia sangatlah kental dalam menghasilkan produk-produk cokelat yang istimewa. Silvia yang memiliki latar belakang pendidikan seni rupa, memiliki peran besar dalam membuat produk cokelat berbagai warna dan bentuk cantik.

Untuk penggunaan zat pewarna, Silvia menggunakan pewarna yang berbahan minyak, bukan yang banyak mengandung air.

Varian produk cokelat dari Silvia n’ Joe pun beragam aroma dan bahan isian, ada yang rasa tiramisu, kopi, aprikot, blueberry, moca, dll. Untuk kemasannya pun dalam berbagai bentuk, ada yang ditempatkan di kotak CD dengan bandrol harga Rp 30.000.

Karena target segmen pasar bisnis mereka adalah perempuan, maka pelanggan perhiasan mereka juga berpotensi menjadi pelanggan produk cokelat.

Menariknya, pelanggan diberikan kebebasan untuk memiliki desain cokelat mereka sendiri, serta bebas untuk memilih ukuran, warna, dan bentuk cokelat. Omzet bisnis cokelat Silvia n’ Joe ini pun berkisar antara 7 juta hingga 15 juta tiap bulan, bahkan bisa meningkat tajam pada saat ada momen-momen spesial.

Pasangan suami istri ini ingin bisnis coklat nya terus berkembang pesat ke depannya dengan memiliki beberapa cabang di kota-kota lainnya. Mereka ingin mengembangkan konsep bisnis cafe cokelat di setiap cabangnya tersebut, sehingga orang bisa menikmati bermacam hidangan berbahan dasar cokelat. Dsy7