Sukses Berbisnis Bubble dan Miliki 200 Cabang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 25 Jun 2021 10:05 WIB

Sukses Berbisnis Bubble dan Miliki 200 Cabang

i

Chandra pengusaha minuman bubble tea. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Chandra atau biasa disapa Om Uban merupakan pengusaha minuman bubble tea yang kini punya 200 cabang. Lambat laun, usaha minuman dengan label Keraton Solo Bubble Tea ini dilirik orang yang berniat melakukan franchise.

Pada 2013 Chandra membuka kesempatan untuk mitra yang ingin berfranchise. Tahun pertama, Chandra sudah mendapat kepercayaan dari 60 mitra franchise yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Baca Juga: Mantan Buruh yang Sukses Jadi Peternak Sapi

Sebelum sukses dengan bisnis bubble tea, Chandra pernah bekerja sebagai office boy. Saat bekerja sebagai cleaning service di sebuah mall, Candra merasakan pahitnya pekerjaan. Terlebih ketika dirinya harus mengepel membersihkan lantai tetapi kemudian langsung dikotori oleh pengunjung.

Selain bekerja sebagai office boy, Chandra ternyata juga pernah mengamen dan berjualan koran untuk mencari pundi-pundi rejeki. Dari pekerjaan-pekerjaannya ini lah Chandra belajar banyak hal. Ia belajar untuk selalu menghargai pekerjaan setiap orang.

Di tahun 2013, ia merasakan adanya trend minuman dari luar negeri. Ia menyangkan banyaknya franchise dari luar negeri. Padahal Indonesia memiliki keragaman bahan baku dan masyarakatnya memiliki kretivitas tinggi bila mau keluar dari zona nyaman.

Baca Juga: Dari Jajanan Ndeso, Kini Rambah Retail Modern dan Ekspor

Melalui bubble teanya, Chandra juga ingin mempromosikan nama dan budaya Indonesia. Merek minuman miliknya ia namai dengan Keraton Solo Bubble Tea, Bengawan Solo Bubble Tea, dan Ngombe Cokelat. Bisnis minumannya bermula dari sebuah grobak yang ia bangun sendiri. Chandra bahkan harus menyicil dalam membangun grobak, meski total pembuatan grobaknya hanya serharga 500 ribu.

Di akhir tahun 2013, kemudian ia memulai program kemitraan merek bubble teanya. Target marketnya menyasar segala umur. Baik untuk kalangan remaja, orangtua, anak sekolah. Ia tak ingin mematok harga tinggi untuk bubble teanya. Chandra ingin semua orang mampu menikmati bubble tea. Tidak seperti bubble tea yang di mall dengan harganya yang selangit.

Baca Juga: Sukses Produksi Makanan dan Minuman Janggelan

Minuman bubble tea racikan Chandra ini mirip dengan minuman kekinian lainnya namun banyak pelanggan mengaku suka dengan rasanya yang enak. Soal kualitas, Chandra memang tak mau main-main. Ia menjamin rasa minumannya sekelas bubble tea yang ada di mall namun dengan banderol harga yang jauh lebih murah.

Chandra berpesan untuk semangat mengubah nasib. Bermodalkan keyakinan, Chandra mengajak lebih banyak orang untuk bergerak menjadi pengusaha. Asalkan ada niat dan semangat, usaha pasti akan membuahkan hasil. Dsy6

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU