Sukses Gandeng Label Muslim Lokal Lewat Evermos

Ghufron Mustaqim pendiri platform Evermos. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Ghufron Mustaqim merupakan pendiri platform yang menjual produk bagi para muslim Indonesia. Sebelum sukses seperti sekarang, Ghufron ternyata sudah bergelut di bidang tersebut dengan mendirikan I-Toku Magazine pada 2013.

Nama Evermos sendiri merupakan singkatan "Everyday Need for Every Moslem, platform". Ghufron menerangkan Evermos bertujuan menghubungkan antara supplier dan reseller. "Ini terinspirasi karena makin banyaknya perempuan di kantornya yang berhijab. Dari situ lah dimulai sebuah impian, visi, dan tujuan untuk membantu pelaku-pelaku bisnis kecil," lanjutnya.

Kini platform jual beli itu sudah berbentuk PT dengan nama PT Setiap Hari Dipakai. Ghufron mengungkapkan dirinya membangun channel untuk menghubungkan brand muslim dengan reseller. "Saya berharap Evermos menjadi jembatan yang menggandeng bersama dengan sinergi," harapnya.

Tak hanya itu, untuk mengembangkan produk UMKM sendiri, dirinya juga rutin mengadakan seminar dan pelatihan untuk reseller yang bergabung dalam platformnya. "Alhamdulillah sudah lebih dari 28 ribu penjual di seluruh Indonesia," tuturnya.

Ghufron juga menggandeng ratusan label muslim lokal dan UMKM. Dia juga mengungkapkan tidak sulit untuk bergabung, hanya menjadi member sudah bisa berjualan. "Reseller yang bisa menjual produk akan mendapat komisi penjualan rata-rata 20 persen dari vendor supplier," jelasnya.

Dirinya juga menghindari para reseller-nya untuk perang harga. Salah satu cara yang dilakukan adalah reseller harus menjual produk yang sudah ditentukan harganya oleh suplier.

Selain menjadi e-commerce, tidak lupa dirinya bekerja sama dengan Yayasan Beramal Jariyah dengan situs beramaljariyah.org untuk menggalang program zakat, infaq, sedekah, dan wakaf. Dsy9