Sukses Inovasikan Motif Batik Corona di Tengah Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Agu 2021 09:59 WIB

Sukses Inovasikan Motif Batik Corona di Tengah Pandemi

i

Iriane Chairini Megawati dengan salah satu motif batik corona produksinya. SP/ JMB

SURABAYAPAGI.com, Jember - Maraknya pandemi Covid-19 ini membuat banyak usaha maupun UMKM kian terpuruk. Namun tidak bagi pemilik Rumah Batik Rolla, Iriane Chairini Megawati di Jember. Ia mengembangkan motif batik virus corona yang mulai diminati masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Iriane mengatakan, awalnya hanya menggunakan gambar corona saja dalam batik tulis yang diproduksi oleh perajin batik di Rumah Batik Rolla, namun saat ini berkembang perpaduan gambar virus corona dan daun tembakau karena tembakau menjad ikon batik Jember.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

"Dengan batik motif corona, kami ingin mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga masyarakat harus disiplin menjaga protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus corona," katanya.

Saat ini, batik motif corona tersebut sudah dikirim ke berbagai daerah seperti Surabaya dan Jakarta untuk memenuhi pesanan konsumen yang memesan di Batik Rolla Jember karena pihaknya hanya membuat batik corona sesuai dengan pesanan saja.

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

"Kami memproduksi batik tulis motif corona sesuai pesanan saja dengan harga berkisar Rp250 ribu hingga Rp350 ribu per lembar, sehingga diharapkan geliat produksi batik perlahan-lahan mulai bangkit," ujarnya.

Di tengah pandemi Covid-19, lanjut dia, motif batiknya akan terus dikembangkan seiring dengan permintaan pasar tanpa meninggalkan identitas motif tembakau yang sudah dikenal banyak orang sebagai ikon batik di Kabupaten Jember.

Baca Juga: Kreasi Unik Vanilla, Siswi SD Kaliasin 1 Sulap Daun Sirih Jadi Kue Kering Lebaran

"Kami berharap perekonomian mulai membaik dan sektor batik bisa bangkit kembali di Kabupaten Jember, sehingga para perajin batik harus lebih kreatif dalam membuat motif batik," katanya. Dsy6

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU