Sukses Sulap Belimbing Wuluh Jadi Ramuan Tradisional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 14 Jun 2021 09:10 WIB

Sukses Sulap Belimbing Wuluh Jadi Ramuan Tradisional

i

Ramuna Putri Widyastuti menunjukan belimbing wuluh miliknya. SP/ KDS

SURABAYAPAGI.com, Kudus - Ramuna Putri Widyastuti dapat menyulap belimbing wuluh menjadi ramuan herbal tradisional dalam bentuk sirup. Ramuan yang ia ciptakan tersebut diberinya nama Ramuna berwarna kuning seperti minyak goreng yang dapat menurunkan kolestrol, tekanan darah tinggi, mengontrol kadar gula, hingga memelihara kesehatan jantung.

Ramuna mengatakan sebelum menjadi sirup, belimbing wuluh itu dibersihkan. Setelah itu, belimbing diblender. Usai diblender, disaring lalu direbus dengan menambahkan gula. Hingga akhirnya dikemas dalam botol-botol.

Baca Juga: Rintis Usaha Helm Retro Beromzet Ratusan Juta

Dirinya memulai membuat sirup setahun lalu. Tepatnya sejak tak lagi menjadi guru tari SMP 1 Mejobo karena pandemi Covid-19. Saat itu, dia tiba-tiba muncul ide membuat sirup blimbing wuluh yang ada di depan rumahnya.

Ramuan blimbing wuluh yang bernama ‘Ramuna’. SP/ KDS

Awalnya, dia ingin membuat selai belimbing bukan sirup. Tetapi gagal. Dia pun mencoba lagi dengan mengolah belimbing wuluh menjadi sirup. Setelah berhasil dan melewati banyak percobaan, kini sirup buatannya dimintai banyak orang.

Baca Juga: Mantan Buruh yang Sukses Jadi Peternak Sapi

Setelah ia mengetahui belimbing wuluh memiliki beragam manfaat, seperti menurunkan kolestrol, menurunkan darah tinggi, mengobati sariawan.

“Sebelum mengetahui beragam manfaat itu, buah blimbing wuluh di depan rumah ini terbuang begitu saja,” ungkapnya, Senin (14/6/2021).

Selain beberapa manfaat di atas, Muna, sapaan akrabnya, menambahkan jika dari penjelajahannya di dunia maya belimbing wuluh juga memiliki vitamin A dan asam oksalat yang tinggi yang dapat meredakan peradangan pada jerawat, meredakan demam, lalu bisa meredakan batuk, dan flu.

Baca Juga: Dari Jajanan Ndeso, Kini Rambah Retail Modern dan Ekspor

“Selain itu banyak orang yang belum mengetahui, belimbing wuluh juga mengandung zat antihiperlipidemia yang dapat mengatur lemak dalam tubuh dan mencegah pertambahan berat badan. Jadi bagus untuk yang lagi diet,” ungkapnya.

Dalam satu bulan, Muna bisa menjual 50 botol lebih ke reseller dan para langganannya. Hingga saat ini, penjualan sirup belimbing wuluh Ramuna sudah sampai ke beberapa daerah seperti Blora, Jepara, dan Semarang.

“Harga  ukuran 259 ml dibandrol Rp 35 ribu. Sementara kalau omzet rata-rata per bulan bisa dapat Rp 5 juta,” terangnya. Dsy10

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU