Sukseskan Program BUMN Hijaukan Indonesia, Daop 7 PT KAI Madiun Tanam Pohon di Sejumlah Stasiun di Wilayahnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 17 Mar 2022 16:17 WIB

Sukseskan Program BUMN Hijaukan Indonesia, Daop 7 PT KAI Madiun Tanam Pohon di Sejumlah Stasiun di Wilayahnya

i

Penghijuan di lahan stasiun KA. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun turut dalam menyukseskan program BUMN Hijaukan Indonesia,  untuk itu melakukan penanaman pohon di 6 Stasiun Besar secara serentak yakni Stasiun Madiun, Caruban, Blitar, Kediri, Kertosono, dan Jombang.

Secara simbolis pelaksanaan aksi penghijauan ruang publik ini dilakukan  oleh Vice President Daop 7 Madiun, Hendra Wahyono bersama tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Daop 7 Madiun pada Kamis, (17/3) di Stasiun Madiun. 

Baca Juga: Berkat Dukungan TN-Polri, Pelayanan di Daop 7 Aman dan Terkendali

“Program penanaman pohon di stasiun ini merupakan program TJSL Daop 7 Madiun untuk mendukung kelestarian lingkungan. Stasiun yang asri dan dipenuhi tanaman akan memberikan nuansa sejuk, menyegarkan kondisi tubuh, serta menenangkan pikiran para pelanggan KA," kata Hendra.

Hendra menyampaikan untuk total pohon yang ditanam sebanyak 68 pohon senilai Rp.31.800.000,- dengan alokasi untuk masing-masing stasiun, untuk Stasiun Madiun 5 pohon, Caruban 5 pohon, Blitar 3 pohon, Kediri 20 pohon, Kertosono 25 pohon, dan Jombang 10 pohon. Jenis pohon yang ditanam di masing-masing stasiun pun beragam sehingga stasiun-stasiun tersebut memiliki ciri khas tanaman tersendiri.

 

Baca Juga: KAI Bagi-bagi Promo Diskon 20% di Akhir Arus Balik Lebaran 2024, Simak Cara Daftarnya

“Jenis pohon yang ditanam di Stasiun Madiun adalah pohon nangka. Sementara untuk stasiun lain, Stasiun Blitar menanam pohon durian, Caruban pohon mangga, Kediri dan Kertosono pohon kelengkeng, dan Jombang pohon jambu,” jelas Hendra.

Sedang Program Gerakan BUMN Hijaukan Indonesia  telah dimulai sejak 7 Desember 2021 lalu. Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo resmi meluncurkan program ini dengan menanam 38 pohon yang terdiri dari pohon buah-buahan, trembesi, tabebuya, dan pule di Stasiun Bandung.

Untuk diketahui sebelumnya tanggal 26 dan 29 Desember 2021 lalu, wilayah Daop 7 Madiun juga telah memulai untuk menanam pohon di lingkungan stasiun. Penanaman pohon dipimpin langsung oleh Heru Kuswanto selaku Direktur Operasi PT KAI di Stasiun Nganjuk dan Madiun. Masing-masing stasiun menanam 2 pohon pule di sekitar lingkungan stasiun tersebut.

Baca Juga: H-2 Lebaran, KAI Daop 8 Surabaya: Tiket Mudik Masih Tersedia

Dukungan KAI pada program BUMN Hijaukan Indonesia ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20 di mana Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan.

“Gerakan KAI dalam BUMN Hijaukan Indonesia ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global sekaligus membantu pencapaian target emisi 0 pemerintah pada 2060,” pungkas Hendra dalam keterangan releasenya melalui Humas Daop 7 PT KAI Madiun Ixfan Hendriwintoko.  Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU