Sulap Limbah Kayu Jadi Cetakan Kue dan Aneka Interior Rumah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Mei 2021 12:06 WIB

Sulap Limbah Kayu Jadi Cetakan Kue dan Aneka Interior Rumah

i

Sejumlah hasil kerajinan ukir hasil karya Sugeng di rumahnya. SP/ BLT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Sugeng Harianto mampu mengubah limbah kayu bekas bubut menjadi barang yang berguna. Seperti cetakan kue serta sejumlah aneka interior rumah. Mulai dari desain yang rumit hingga mudah.

Sugeng mendapatkan limbah kayu itu dari sejumlah perajin kayu bubut yang ada di sekitarnya. Potongan kayu yang tidak berguna lantas dimanfaatkan untuk membuat barang-barang berharga. "Sementara saya menggunakan limbah kayu mahoni," ungkapnya, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Bapak dan Anak Tewas Diduga Hirup Gas Beracun Mesin Diesel

Cetakan kue yang dibuat Sugeng itu khusus untuk membuat kue tok atau juga disebut kue kura-kura. Disebut kura-kura karena bentuknya menyerupai cangkang kura-kura. Kue tradisional yang berbentuk oval dengan isian manis di dalamnya.

Kerajinan karya Sugeng berjenis kerajinan ukir. Seperti yang diterapkan pada cetakan kue miliknya. "Seperti ini bentuknya. Ini untuk  membuat kue tok," terangnya sambil menunjukkan cetakan kue tok yang berbahan kayu itu.

Biasanya kue tersebut selalu disajikan ketika momen perayaan Hari Raya Imlek. Makanya, setiap menjelang perayaan Imlek, Sugeng selalu banjir pesanan. Namun sejak pandemi Covid-19 mendera, dia sepi pesanan. "Hanya beberapa biji pesan. Paling banyak 5-10 biji," kata pria berusia 37 tahun ini.

Selama ini, Sugeng mengerjakan cetakan kue tersebut sendirian. Terkadang, jika ada pesanan banyak dibantu oleh rekan-rekannya. Namun, selama pandemi ini dirinya banyak mengerjakan sendirian.

Baca Juga: Motor Adu Banteng, Lansia di Blitar Tewas

Untuk membuat cetakan kue tersebut, membutuhkan bahan utama berupa kayu mahoni. Potongan kayu yang utuh lantas dipotong membentuk cetakan dengan pegangan tangan.

Kemudian, di bagian atasnya dibuat cerukan lalu diukir membentuk motif tertentu. Motif cetakan kue tok biasanya terdapat huruf Tiongkok. "Saya nggak tahu itu apa artinya. Saya hanya mengerjakan sesuai motif yang diberikan," jelas bapak dua anak ini.

Sugeng membuat cetakan kue tok itu dengan beberapa motif. Untuk motif sudah ditentukan oleh pemesan. "Yang sulit itu kita harus benar-benar bisa menyesuaikan pola hurufnya. Karena ini kan cetakan. Jadi ketika tercetak, bentuk huruf harus benar," ucap pria yang mengawali usaha kerajinan ukir kayu sejak 2016 lalu ini.

Baca Juga: Diduga Konsleting Listrik Sebuah Toko Bangunan Ludes Terbakar

Selain membuat cetakan kue, Sugeng juga mengerjakan benda interior rumah. Benda interior rumah itu juga berbahan dari limbah kayu mahoni. "Kayu mahoni itu mudah didapat dan ringan. Teksturnya tidak kasar," ujar pria ramah ini.

Ukuran cetakan kue tok tersebut bervariasi. Ada yang besar, sedang, dan kecil. Untuk harganya juga mulai Rp 25-30 ribu. Sedangkan untuk home interior dihargai Rp 30-75 ribu. Tergantung model dan ukurannya. Dsy12

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU