Sumber Karbohidrat Tingkatkan Produksi ASI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 25 Apr 2021 10:33 WIB

Sumber Karbohidrat Tingkatkan Produksi ASI

i

Kacang Hijau. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang sangat sehat dan banyak diolah untuk bermacam kegunaan, misalnya untuk para ibu yang sedang hamil muda, untuk terapi kesuburan dan bahkan untuk ibu menyusui. Karena, kandungan yang ada di dalam kacang hijau ini bisa menjadi nutrisi baik bagi sang ibu janin maupun bayi yang sedang menyusui.

Apabila ibu menyusui (busui) kekurangan vitamin B1, busui akan mudah tersinggung, susah fokus, hingga kurang bersemangat. Padahal jika suasana hati ibu baik, hal itu akan memicu hormon oksitosin untuk memproduksi ASI.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Tidak hanya memiliki vitamin untuk kesuburan saja, ternyata kacang hijau ini merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui. Kacang hijau ini nantinya mengubah jenis sari pati yang mereka miliki agar berubah menjadi kalori untuk kegiatan ibu yang menyusui. Pasalnya, sang ibu yang sedang memberikan ASI kepada bayinya akan membutuhkan tenaga lebih banyak.

Tidak hanya mengandung karbohidrat kompleks saja, ternyata kacang hijau kaya akan kandungan protein yang tinggi. Protein juga merupakan salah satu komponen gizi yang penting bagi ibu menyusui. Jadi, kacang hijau termasuk nutrisi terbaik bagi ibu menyusui agar produksi ASI semakin lancar. Selain kacang hijau, ibu menyusui sangat disarankan mendapatkan protein yang mencukupi dari daging dan ikan.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Kacang hijau disinyalir mengandung lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, ibu yang mengkonsumsi kacang hijau secara rutin selama masa menyusui akan menghasilkan bayi yang lebih cerdas karena mendapatkan kebutuhan nutrisi otak yang simbang dan terpenuhi. Bahkan, ibu menyusui yang mengkonsumsi kacang hijau juga diyakini bisa menghindari masalah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kolesterol baik yang lebih dominan di dalam tubuh mereka.

Bukan rahasia lagi jika kacang hijau memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Dimana kita banyak mengenal kacang hijau yang dijadikan sebagai terapi kesuburan maupun untuk memperlancar ASI. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada kacang hijau agar tubuh lebih kuat dan sehat. Bahkan, manfaat vitamin yang dimiliki oleh kacang hijau ini tak hanya untuk ibu menyusui saja, ini juga baik bagi sang bayi.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Kandungan zat besi yang dimiliki oleh kacang hijau juga mampu mengatasi keluhan kekurangan darah alias anemia yang biasnaya dikeluhkan ibu pasca melahirkan. Dan juga, asam folat yang ada di dalam kacang hijau sangat baik untuk terapi keluhan seputar ASI. Dsy5

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU