Sumur Mengering Buntut Kemarau Panjang, Warga Dusun Sumber Bentis Kediri Alami Krisis Air Bersih

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 04 Okt 2023 15:35 WIB

Sumur Mengering Buntut Kemarau Panjang, Warga Dusun Sumber Bentis Kediri Alami Krisis Air Bersih

i

Illustrasi bantuan pembagian air bersih di Kabupaten Kediri imbas sumur mengering kerana musim kemarau. SP/ KDR

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Warga di Dusun Sumber Bentis, Desa Manyaran, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur harus merasakan masalah krisis air bersih lantaran musim kemarau berkepanjangan.

Pasalnya debit air sumur mereka mulai menurun lantaran mengalami kekeringan dan belum memasuki musim penghujan. Diketahui,  kesulitan air bersih sejak beberapa minggu terakhir, karena air sumur mengering.

Baca Juga: Pelaku Pembobolan Brankas ATM di Kediri masih Pelajar SMA

Sementara itu, Polres Kediri Kota melakukan droping air bersih ke Dusun Sumber Bentis, pada Rabu (04/10/2023) untuk mengatasi kesulitas air bersih oleh warga setempat. Bahkan bhakti sosial penyaluran air bersih dengan tema ‘Humas Polri Presisi untuk Negeri Menuju Indonesia Maju’ ini langsung dipimpin oleh Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra.

“Pembagian air bersih ini dalam rangka HUT Humas Polri Ke-72 Tahun 2023 kami menggelar bakti sosial kepada masyarakat yang membutuhkan sekaligus sebagai rasa toleransi kepada warga di di Dusun Sumber Bentis Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, yang saat ini mengalami kesulitan mendapatkan air bersih,” terangnya, Rabu (04/10/2023).

Baca Juga: Sebagian Wilayah Jatim, Tahun 2024, Berisiko Kekeringan

Diketahui, wilayah Kediri dan sekitarnya mengalami kemarau panjang dan dampak El Nino. Beberapa sumur warga Dusun Sumber Bentis pun mengering. Sehingga Polres Kediri Kota pun mengirimkan 10.000 liter air dengan menggunakan dua mobil tangki air untuk membantu permasalahan warga.

“Alhamdulilah saat bantuan air bersih datang, warga menyambut dengan antusias untuk menampung bantuan air bersih dan kegiatan pembagian air bersih akan berkelanjutan setiap saat sesuai dengan wilayah yang didata mengalami kekeringan sumur warga oleh para kapolsek ” ungkap Kapolres.

Baca Juga: Gerak Cepat Atasi Kekeringan, Warga Gunung Kidul: Indonesia Butuh Prabowo

Tak hanya itu, pihaknya juga turut mengajak kepada seluruh masyarakat ikut berperan aktif turut membantu masyarakat. Menurut Kapolres, warga Kediri dikenal dengan guyub rukun dan mempunyai rasa sosial yang cukup tinggi.

Sedangkan diketahui, saat pendistribusian air bersih di Dusun Sumber Bentis ini sendiri juga dihadiri oleh Muspika Banyakan. Camat Banyakan, Kapolsek Banyakan serta Danramil Grogol. kdr-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU