Suntikan 33 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk Masyarakat Sidoarjo

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP tinjau langsung pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19 perdana merek Moderna untuk masyarakat. SP/Sugeng Purnomo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mulai menggelar vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum menggunakan vaksin Moderna. Syarat warga yang ingin mendapatkan dosis ini yaitu belum pernah menjalani vaksinasi sama sekali.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP tinjau langsung pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19 perdana merek Moderna untuk masyarakat sebanyak 1000 Dosis, di Desa Singkalan Kecamatan Balongbendo, Kamis (26/8).

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor mengatakan untuk vaksin moderna menerima 33 ribu dosis dari Pusat untuk Kabupaten Sidoarjo, Hari ini vaksinasi massal menggunakan vaksin Moderna ini pertama kalinya dilakukan kepada masyarakat umum di Sidoarjo. Sebelumnya vaksin Ini hanya diberikan untuk tenaga kesehatan.

"Ini bukan untuk tenaga kesehatan (nakes), berbeda. Ini untuk umum," katanya. 

Bupati Gus Muhdlor meminta kepada tim vaksinator serta pihak Tjiwi Kimia dan RS Cita Medika untuk memberikan edukasi dan memonitor masyarakat mengenai vaksin moderna di Desa Singkalan dan hari ini juga dilaksanakan vaksin moderna di Desa Mliriprowo,Desa Kramat Temenggungan. 

Bupati Gus Muhdlor menjelaskan dengan vaksin merek moderna untuk masyarakat ini lebih bagus, tetapi efek KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) berbeda-beda untuk setiap orang, namun manfaatnya untuk menjaga kesehatan jauh lebih kuat daripada sinovac, Meski demikian, ia memastikan bahwa vaksin tersebut aman untuk digunakan.

"Terkait dengan efek pasca-vaksinasi memang berbeda untuk setiap orang, yang pasti vaksin Moderna aman untuk digunakan," tutupnya.

dengan melakukan dua kali dosis vaksin nantinya, memberikan perlindungan sebanyak 96 persen bagi tubuh kita, sisanya tergantung bagaimana kita menjaga dan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak meskipun sudah vaksin.

“Efikasi dari vaksin ini sampai dengan 96 persen, dua kali dosis, kalau hanya sekali nggak mungkin sampai 96 persen, jadi harus dua kali. Hari ini disuntik, 4 minggu lagi harus disuntik untuk yang kedua,” jelas Gus Muhdlor.

Bupati Gus Muhdlor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Tjiwi Kimia, RS Citra Medika karena telah berkontribusi dan ikut menyukseskan program Vaksinasi Nasional.

Setelah meninjau Vaksinasi, Bupati Gus Muhdlor didampingi Kepala Dinsos Sidoarjo Tirto Adi, Camat Balongbendo dan Kades Singkalan, memberikan bantuan paket sembako secara simbolis kepada warga Desa Singkalan Kecamatan Balongbendo. Sg