Surabaya Dorong Pembentukan Kelompok Wanita Tani di Perkampungan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Nov 2021 17:05 WIB

Surabaya Dorong Pembentukan Kelompok Wanita Tani di Perkampungan

i

Panen sayur hidroponik di RT 10 RW 03 Jalan Ikan Dorang Baru 1, Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya beberapa waktu lalu. ( SP/ANT/DLH Surabaya)

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mendorong pembentukan kelompok wanita tani di perkampungan Kota Pahlawan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian menjaga lingkungan sekitar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Suharto Wardoyo menjelaskan, saat ini sudah ada beberapa kelompok wanita tani (KWT) yang terbentuk di Surabaya. "Mereka (KWT) yang menggagas pekarangan pangan lestari," kata Suharto, Senin (29/11).

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

Suharto mencontohkan, salah satu KWT di Surabaya yang berhasil meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yakni KWT Dorang Cinta di RT 10 RW 03 Jalan Ikan Dorang Baru 1, Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan, Surabaya.

"Beberapa hari lalu, saya berkunjung ke kampung itu saat panen sayur hidroponik. Memang di kampung itu banyak budidaya sayur dengan hidroponik," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Selain kampung tersebut, ada sembilan kampung lainnya yang juga mendapatkan penghargaan Proklim KLHK yakni yakni RW 3 Kelurahan/Kecamatan Jambangan, RW 6 Kelurahan/Kecamatan Sambikerep, RW 6 Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo.RW 1, RW 2, RW 4 dan RW 5 Kelurahan/Kecamatan Jambangan, RW 1 Kelurahan Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes dan RW 2 Kelurahan Bringin, Kecamatan Sambikerep.

"Kami terus melakukan pembinaan pelestarian ekosistem lingkungan secara makro. Sedangkan untuk pembinaan kampung ada di DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian)," ujarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

Ia berharap 10 kampung peraih penghargaan proklim tersebut menjadi percontohan bagi kampung lainnya di Kota Surabaya. Menurutnya, saat ini sudah banyak yang juga studi banding ke kampung-kampung tersebut.

Suharto menjelaskan, pekarangan pangan lestasi semacam ini merupakan sinergi antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemkot Surabaya, dan partisipasi aktif dari masyarakat dalam mengembangkan ekosistem lingkungan sekitarnya. "Kami akan terus mendorong terciptanya kampung-kampung semacam ini," katanya.sb2/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU