Surabaya Mulai Masuki Musim Pancaroba

Banjir di Surabaya setelah diguyur hujan deras.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di Sidoarjo memprediksikan akan terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang di sejumlah wilayah di Jawa Timur dalam tiga hari ke depan sehingga masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dengan fenomena alam ini. Khususnya ada potensi cuaca ekstrem yang terjadi di Sidoarjo dan Surabaya.

"Pada bulan Oktober, wilayah Surabaya dan Sidoarjo memasuki masa Pancaroba atau peralihan musim. Cuaca yang tidak menentu, serta ada potensi hujan, meskipun belum merata," ujar Teguh Tri Susanto, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda, kepada Surabaya Pagi, Minggu (11/10/2020) kemarin.

Cuaca mendung, panas dan hujan seringkali terjadi mendadak di wilayah Surabaya. Mendapat pesan dari BMKG, masyarakat Surabaya harus antisipasi terjadinya hujan mendadak di masa Pancaroba ini.

"Selalu waspada dan harus berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem yang terjadi seperti puting beliung, hujan lebat bersamaan dengan kilat/petir, hujan es dan sebagainya," ungkap Teguh.

Pesan dari BMKG tidak boleh dianggap remeh oleh masyarakat, karena cuaca yang tidak menentu ini dapat melanda siapapun.

BMKG pun juga melakukan antisipasi musim hujan, diantaranya kordinasi sistem Peringatan dini (banjir dan longsor), identifitkasi lahan berpotensi banjir, mengecek infrastruktur sumber daya listrik dan lain sebagainya. Antisipasi yang dilakukan oleh BMKG tentunya harus diikuti dengan antisipasi yang dilakukan oleh masyarakat.

Ada beberapa saran dari BMKG untuk masyarakat terkait antisipasi cuaca ekstrem pada saat ini, yaitu memperbaiki atap rumah, membersihkan sampah yang menghambat laju air, memeriksa pohon dan papan reklame/baliho, waspada gangguan kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh.

Teguh juga berharap kerjasama dari masyarakat untuk saling antisipasi terjadinya bencana di musim hujan mendatang. Kesehatan dan ketahanan tubuh juga perlu diperhatikan pada masa ini.

Selain Surabaya dan Sidoarjo, juga beberapa wilayah di Jawa Timur akan terjadi hujan dengan disertai petir dan angin kencang. Seperti di Kabupaten Malang, Kabupaten Ponorogo dan Bondowoso. Kemudian pada siang sampai dengan sore hari diperkirakan cerah berawan, hujan ringan sampai dengan sedang dan hujan lebat yang disertai petir.

Ia menjelaskan, untuk suhu udara berkisar antara 14 sampai dengan 35 derajat celsius dengan tingkat kelembaban udara berkisar 35 sampai dengan 95 persen. mbi